Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Batavia FT UNJ Kembali Raih Juara Mobil Hemat Energi Nasional dan Internasional

Kompas.com - 04/11/2022, 14:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim Batavia Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (FT UNJ) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dan internasional pada tahun 2022 ini serta meneruskan tradisi mengoleksi gelar juara bidang pengembangan mobil hemat energi tingkat mahasiswa sejak tahun 2015.

Prestasi pertama tahun ini diraih pada event Shell Eco Marathon 2022 yang dilaksanakan pada 11–15 Oktober 2022 dan berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok NTB.

Event ini merupakan ajang tahunan pada lomba kreativitas mahasiswa dalam pengembangan mobil antar universitas di kawasan Asia.

Dalam ajang tahunan yang disponsori Shell ini diperlombakan 2 kategori, yaitu kategori prototype dan kategori urban concept dengan tiga type energi, yaitu Internal Combution Engine, Hydrogen Fuel Cell dan Battery-Electric.

Shell Eco Marathon tahun 2022 yang merupakan ajang perdana di Indonesia ini diikuti lebih dari 40 tim dari berbagai universitas di Indonesia serta tim dari universitas di Singapura, Vietnam, Korea Selatan, India, Kazakhstan, Malaysia dan Nepal.

Pada event Shell Eco Marathon 2022, tim Batavia FT UNJ menurunkan dua tim, yaitu Batavia Generation Team untuk kategori prototype yang menggunakan tipe energi dari battery electric serta Batavia Gasoline Team pada kategori urban concept dengan tipe energi internal engine combution.

Pada event Shell Eco Marathon 2022, Tim Batavia FT UNJ berhasil meraih Juara II Tingkat Internasional pada kategori prototype mobil listrik.

Selanjutnya Tim Batavia FT UNJ juga mengikuti ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud Ristek.

 

Ajang KMHE tahun 2022 ini dilaksanakan dengan tuan rumah pelaksana dari UPN-Veteran Jawa Timur yang berlangsung dari 30 Oktober sampai dengan 3 November 2022. KHME 2022 diikuti oleh 40 tim dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Borong Juara di Ajang Mobil Hemat Energi Asia 2022

 

Sebanyak 40 tim yang berkompetisi di sirkuit Gelora Bung Tomo ini merupakan tim terpilih dari seluruh universitas di Indonesia yang telah melewati beberapa tahap seleksi yang diselenggarakan oleh Puspresnas.

Pada ajang ini tim Batavia FT UNJ berhasil meraih Juara III pada dua kategori, yaitu Prototype MPD Gasoline dan Prototype Motor Listrik.

Rektor UNJ Prof. Komarudin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas capaian prestasi tim Batavia FT UNJ yang berhasil meraih prestasi ditingkat Asia dan Nasional.

"Hasil ini tentu sangat membanggakan bagi sivitas UNJ serta berharap tim Batavia FT UNJ dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi ditahun-tahun yang akan datang," ungkap Prof. Komarudin.

Sementara itu, Dekan FT UNJ Uswatun Hasanah yang turut hadir secara langsung memberikan semangat kepada tim Batavia di sirkuit Mandalika dan Gelora Bung Tomo Surabaya.

Uswatun Hasanah juga mengucapkan selamat dan mengapresiasi perjuangan tim Batavia FT UNJ dalam meraih prestasi ditingkat internsional dan nasional. Hasil ini diharapkan dapat memacu semangat tim Batavia untuk terus berkarya dan berprestasi dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UNJ Efri Sandi mengapresiasi perjuangan dan kegigihan mahasiswa tim Batavia dalam meraih prestasi di bidang pengembangan mobil hemat energi.

Baca juga: Mobil Hemat Energi Buatan Mahasiswa UB Meluncur ke Kompetisi Internasional

"Ini hasil dari kerja keras mahasiswa secara terus menerus dan menyempurnakan teknologi prototipe mobil listrik dan gasoline," ungkap Efri Sandi.

"Ke depan dapat terus berupaya menyempurnakan mobilnya dengan teknologi dan desain terbaru sehingga tidak ketinggalan dari mobil kampus-kampus lainnya dan menjadi tim terbaik di Indonesia," ucap Efri Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com