Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kampus Juara Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Kompas.com - 21/11/2021, 10:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek di Universitas Negeri Surabaya, sejak 16 November 2021 telah ditutup pada Sabtu (20/11/2021).

Kontes Mobil Hemat Energi, menurut Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi merupakan salah satu ajang paling menantang sejak dua tahun lalu ketika pandemi. “Kegiatan ini memerlukan interaksi tingkat tinggi secara fisik, bukan hanya interaksi intelektual yang harus disesuaikan selama pandemi,” jelasnya.

Implementasi Kampus Merdeka, kata Asep, nampak nyata melalui tujuan kontes yang tidak hanya menghasilkan karya, namun menumbuhkan nilai luhur Pelajar Pancasila yang tangguh dan kreatif berdasarkan penguatan karakter, kejujuran, sportivitas, dan kreatif.

“Inovasi dan kreativitas mahasiswa tumbuh dan tertantang seluas-luasnya satu nyali satu energi melalui kontes ini,” ucap Asep.

Asep juga menyebutkan, jarak yang sesungguhnya antara inovasi dan produksi adalah menjadi tantangan yang sesungguhnya dan perlu dikuatkan. “Kita harus kuatkan, karena kalau kita lihat indikator global kompetitif indeks, masih terdapat jarak yang tinggi,” jelasnya.

Melalui kontes ini, kata Asep, diharapkan mampu menyiapkan generasi masa depan yang mampu menciptakan teknologi baru yang ramah lingkungan dan perlahan mampu melepaskan energi fosil dengan energi terbarukan.

Dalam kesempatan sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Agus Hariyanto berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kompetisi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, semoga acara ini menjadi inspirasi betapa pentingnya kolaborasi sehingga kesulitan dapat dilewati dengan baik,” ujarnya.

Kepada peserta KMHE 2021, Agus menegaskan untuk tidak berhenti berinovasi karena kontes ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan masa depan dengan mobil hemat energi.

Baca juga: Bangun Kemandirian Energi, 24 Universitas Inovasi Mobil Hemat Energi di KMHE 2021

“Dalam kompetisi ada menang dan kalah. Menang bukanlah sebuah ukuran, itu hanya tanda saja. Namun, yang terpenting ialah berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kompetisi kita dibidang masing-masing. Bagi para juara selamat, bagi yang belum beruntung, mohon bersabar dan semoga tahun depan menjadi juara,” tambahnya.

Berikut adalah daftar lengkap tim pemenang KMHE 2021: 

Kategori Protipe

Kelas Mesin Pembakaran Gasoline

  1. Tim UI SMV HORE dari Universitas Indonesia (UI)
  2. Tim Bengawan Team UNS dari Universitas Sebelas Maret (UNS)
  3. Tim Marawa dari Universitas Andalas (Unand)

Kelas Mesin Pembakaran Diesel

  1. Tim IST AKPRIND 2 dari Institut Sains dan Teknologi Akprind
  2. Tim Marapi dari Politeknik Negeri Padang (PNP)

Kelas Mesin Pembakaran Etanol

  1. Tim Semeru dari Universitas Negeri Malang (UM)
  2. Tim Rakata dari Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Tim Cakra Jagad dari Politeknik Negeri Madiun (PNM)

Kelas Mesin Motor Listrik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com