Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atalia Raih Gelar Doktor, Ridwan Kamil Tulis Pesan untuk Almarhum Eril

Kompas.com - 11/10/2022, 16:17 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lulus Program Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan yudisium Cum Laude, Senin (10/10/2022).

Atalia mempertahankan disertasinya berjudul “Pengaruh Pengembangan Program Komunikasi Instruksional Sekolah Nonformal ‘Sekoper Cinta’ Terhadap Perilaku Peserta Didik di Provinsi Jawa Barat”.

“Sekoper Cinta” sendiri merupakan program Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang hadir dengan harapan membawa perubahan perilaku perempuan sehingga berdaya, mandiri, dan berketahanan.

Baca juga: Putri Mahfud Md Dilantik Jadi Dokter Spesialis, Pegang Satu Pesan Ayah

Atalia mengungkapkan, program yang dilaksanakan sejak tahun 2019 ini merupakan sekolah nonformal perempuan pertama di Indonesia yang diselenggarakan di level pemerintah provinsi yang dilaksanakan serentak di 27 kota/kabupaten di Jabar.

“Sebagai program baru, tentu pemerintah berharap kebermanfaatan program ini betul-betul bisa dirasakan dan bisa menjadi program yang berkelanjutan. Karenanya menjadi penting untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengembangan program komunikasi instruksional sekolah nonformal ‘Sekoper Cinta’ terhadap perubahan perilaku peserta didik di provinsi Jawa Barat,” kata Atalia dikutip dari laman Unpad.

Berdasarkan penelitiannya, Atalia menemukan bahwa rancangan dan implementasi komunikasi instruksional “Sekoper Cinta” berpengaruh signifikan terhadap perilaku peserta didik.

Atalia juga mengungkapkan bahwa perbedaan karakterisitik individu, seperti tingkat pendidikan, usia, status perkawinan, dan etnis budaya tidak berkontribusi signifikan pada pengaruh rancangan dan implementasi komunikasi instruksional terhadap perilaku peserta didik.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2022 Kemendikbud Dibuka, Mahasiswa S1-S3 Segera Daftar

“Dengan demikian program komunikasi instruksional sekolah nonformal ‘Sekoper Cinta’ dapat diaplikasikan secara efektif pada berbagai karakteristik peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan, tingkat usia, status perkawinan, dan latar belakang budaya di Jawa Barat,” kata Atalia dikutip dari laman Unpad.

Sementara itu, dilansir dari laman Kompas.com, Atalia mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari peran anaknya almarhum Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Di hari bahagia tersebut, Ridawan Kamil juga menuliskan pesan mendalam untuk anaknya, Eril, di laman media sosial, yang berisi:

"Dear Eril, Mamahmu lulus Ril. Mamahmu yang kamu bantu latihan matematikanya agar diterima ke program ini. Kamu pasti bangga melihat ini Ril. Andai kamu masih ada, kamu dan mamah tentunya akan wisuda bersama tahun ini. We miss you anakku sayang," pungkas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga berharap, pencapaian Atalia dapat menginspirasi perempuan-perempuan lainnya di Jawa Barat dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com