Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Berkebutuhan Khusus Raih Juara di Ajang Rias Internasional 2022

Kompas.com - 21/09/2022, 14:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Keterbatasan bukanlah sebuah halangan untuk berprestasi. Hal ini dibuktikan oleh Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) yang berhasil meraih juara di kompetisi tata rias Internasional Cidesco Make Up and Body Art Competition Tahun 2022.

Sebanyak empat penghargaan diperoleh siswa Indonesia pada ajang internasional yang diselenggarakan secara luring di Bali, Indonesia pada 15-18 September 2022 lalu.

Juara 1 diraih oleh Astrid (SLB Negeri 1 Badung), Juara 2 diraih oleh Anggia Dwipa Mandiri (SLB Negeri 2 Padang), Juara 3 diraih oleh Arfhila Choirunisa (SLBN Kota Magelang), dan Sella Afiamita (SLB Harmoni) meraih Juara Favorit.

Baca juga: Mobil Hemat Energi Buatan Mahasiswa UB Meluncur ke Kompetisi Internasional

Sebelumnya, para siswa juga merupakan pemenang dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN-PDBK) tahun 2021.

Masing-masing siswa perwakilan Indonesia mengangkat keunikan budaya masing-masing dan merealisasikannya dalam goresan make up dan body art.

Seperti Astrid yang merupakan peserta asal Bali, ia mengangkat topik “Heritage of Pura Taman Ayun”. Lalu, Anggia Dwipa Mandiri mengangkat topik “The Majesty of Minangkabau”, Arfhila Choirunisa yang memilih topik “Wayang Rahwana”, Sella Afiamita memilih topik “Reog Ponorogo Archipelago Cultural Heritage”, Aprillia Yenitasari mengangkat topik “Dwi Naga Rasa Tunggal”, dan Faracya Kaila yang mengangkat topik “Gapura Bajang Ratu Warisan Dunia”.

Pelatih Peserta Cidesco Make-up and Body Art, Nike Noviana menyebut tema lomba yang diangkat pada tahun ini ialah “The Beauty of Heritage”.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Nah kita ambil culture dari setiap provinsi atau daerahnya masing-masing. Untuk penilaiannya itu, dilihat dari keserasian make-up dengan temanya lalu untuk pemilihan warna, kreativitas, dan juga yang terpenting adalah kerapihan dan kebersihan selama pengerjaan make-up,” ujar Nike dalam keterangan tertulis Pusat Prestasi Nasional.

Ia mengatakan, perolehan prestasi ini tak luput dari latihan dan konsistensi yang dilakukan oleh para peserta serta dukungan sekolah dan guru. Seperti halnya Sella Afiamita, di sekolahnya secara rutin diadakan hari keberbakatan.

“Di tempat kita pembinaannya, kita kembangkan seni dan vokasi. Pada setiap hari Kamis dan Jumat itu selalu diadakan hari keberbakatan di mana kita cari potensi yang dimiliki oleh siswa. Nah, Sella ini potensinya ada di tata rias kecantikan,” jelas Rita Indrawati selaku pembina Sella dari SLB Harmoni.

Kepala Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi menyampaikan rasa bangganya kepada perwakilan Indonesia di ajang Cidesco Make-Up and Body Art Competition 2022.

Baca juga: Cara Daftar Bantuan Dana bagi Siswa SD-SMA Swasta Jakarta, hingga Rp 10 Juta

“Adik-adik sungguh luar biasa atas torehan prestasi di ajang internasional ini dan menunjukkan karya yang sangat bagus. Semoga prestasi ini dapat jadi pemantik untuk terus mengembangkan diri. Tentu ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh pihak yang sudah membimbing, termasuk dalam hal ini sekolah yang sudah membantu dalam pengembangan talenta peserta didik berkebutuhan khusus,” ujar Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com