Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Azyumardi Azra, Sosok Pengubah UIN Jakarta dan PTKIN Lainnya

Kompas.com - 19/09/2022, 09:02 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia berduka kehilangan Guru Besar sekaligus Rektor UIN Jakarta periode 1998-2006 Prof. Azyumardi Azra yang meninggal di Malaysia pada Minggu (18/9/2022).

Prof. Azyumardi Azra wafat setelah dirawat para dokter RS Serdang Malaysia pasca dinyatakan sakit dalam perjalanannya memenuhi undangan Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

Baca juga: Prof. Azyumardi Azra, Sosok yang Jadi Penggagas PTKIN

Informasi wafatnya Prof. Azyumardi Azra langsung beredar luas di kalangan sivitas akademi UIN Jakarta beberapa saat setelah wafatnya.

Rektor UIN Jakarta Prof. Amany Lubis sendiri secara khusus menyampaikan wafatnya Prof. Azyumardi Azra.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rohmatullah, guru kita semua Prof. Azyumardi Azra pada Ahad, 18 September 2022. Semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya," ungkap dia dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Prof. Amany menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga Prof. Azyumardi Azra.

"Semoga almarhum direlakan kepergiannya, mendapatkan ampunan atas salah dan khilafnya, dan semoga almarhum di tempatkan di surga-Nya. Saya bersaksi Prof. Azyumardi Azra adalah orang yang sangat baik," jelas dia.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya Prof. Azyumardi Azra dinyatakan sakit dalam penerbangannya menuju Malaysia pada hari Jumat, 16 September 2022.

Diketahui, almarhum terbang menuju Malaysia untuk menjadi narasumber konferensi internasional Persidangan Antarbangsa "Kosmopolitan Islam" yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada Sabtu, 17 September 2022.

Baca juga: Kasus Santri Tewas, Ada Kesalahpahaman antara Ponpes Gontor dan Keluarga

Tidak lama setelah mengeluhkan sakit, Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia dan tim panitia kegiatan yang mengundang segera merujuk almarhum untuk dirawat di RS Serdang Malaysia.

Oleh para tenaga medis rumah sakit setempat, almarhum segera diberikan tindakan medis terbaik. Namun pada Minggu (18/9/2022), Prof. Azyumardi Azra menghembuskan nafas untuk terakhir kalinya.

Wafatnya Prof. Azyumardi Azra menyisakan duka mendalam seluruh sivitas akademi UIN Jakarta.

Ketua Senat UIN Jakarta Prof. Dede Rosyada juga menyatakan duka citanya atas wafatnya almarhum Profesor Azra.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Mudah-mudahan almarhum Prof. Azyumardi Azra diterima ditempat terbaik di sisi Allah SWT," ungkap dia.

Rektor Amany menambahkan, wafatnya Prof. Azyumardi Azra merupakan kehilangan besar bagi sivitas akademik UIN Jakarta.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com