Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Madrasah Raih Emas di Kejuaraan Catur Dunia, Kalahkan 97 Peserta

Kompas.com - 05/09/2022, 18:23 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Siswa madrasah kembali mengukir prestasi dan mengharumkan nama Indonesia. Rafa Firjullah, siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri(MIN) 1 Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menorehkan prestasi tingkat dunia.

Ia berhasil meraih medali emas dalam ajang Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 yang digelar di Kuala Lumpur Malaysia, Minggu (3/9/2022).

Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 ini diikuti enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, China, Filipina, India dan Singapura.

Baca juga: Sosok Muhammad Ilyas, Siswa Madrasah Peraih Nilai Sempurna UTBK 2022

Rafa mengaku perjalanannya untuk menggondol medali emas ini tidak mudah. Ia harus mengalahkan 97 peserta yang rata-rata sudah berpengalaman.

"Alhamdulillah, berkat doa dan usaha keras, saya bisa melalui semua tahapan dengan baik dan menjadi juara I pada ajang Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 ini,” ujar Rafa dalam keterangan tertulis Kementerian Agama.

Kepala MIN 1 Murung Raya, Nasrullah mengatakan bahwa prestasi yang diraih Rafa dalam Kejuaraan Catur Malaysian Chess Festival menjadi kebanggaan bagi Provinsi Kalimantan Tengah dan Indonesia.

"Alhamdulillah, Rafa Firjullah bisa sampai babak final dan berhasil meraih medali emas," kata Nasrullah.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Sebelumnya siswa Kelas 6 MIN 1 Murung Raya ini juga pernah menjuarai turnamen catur online junior se-Indonesia.

"Kami keluarga besar MIN 1 Murung Raya bangga atas prestasi yang diraih Rafa Firjullah. Terus berkarya dan berikan inspirasi kepada semua siswa madrasah Indonesia," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com