Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dzaky Rafiansyah Lengkapi 9 Medali Olimpiade Astronomi Sekolah Semesta

Kompas.com - 26/08/2022, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sejak tahun 2007, Semesta Bilingual Boarding School atau Sekolah Semesta Semarang, Jawa Tengah, telah menyumbangkan sembilan medali bagi Indonesia dari ajang Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA).

Kesembilan medali tersebut meliputi; dua medali emas, dua perak, dan lima perunggu.

Sebagai informasi, IOAA adalah kompetisi tahunan yang digelar bagi siswa sekolah menengah atas dari seluruh dunia di bidang astronomi. Salah satu tujuannya adalah untuk membudayakan astronomi dan membina persahabatan antar astronom muda di tingkat internasional.

Prestasi internasional terbaru, Dzaky Rafiansyah, siswa SMA Semesta berhasil meraih medali perak di ajang IOAA 2022 yang diselenggarakan pada 14-22 Agustus 2022 di Kutaisi, Georgia.

Pelaksanaan IOAA tahun ini diselenggarakan secara hibrid dan diikuti 246 siswa dari 48 negara. Terdapat 6 negara yang berpartisipasi secara daring yaitu Paraguay, Ekuador, Uni Emirat Arab, China, Filipina, dan Indonesia.

Dzaky Rafiansyah dari SMA Semesta merupakan salah satu anggota tim yang lolos mewakili Indonesia.

Total lima siswa yang terpillih mengikuti IOAA 2022 dipilih dari ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Astronomi tahun 2021 di mana Dzaky pada KSN 2021 meraih medali emas.

Berikut daftar siswa SMA Semesta peraih medali di ajang IOAA (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics) dari tahun 2007 hingga 2022:

Baca juga: Kembali Ukir Prestasi, Siswa Indonesia Raih Medali Olimpiade Fisika Internasional

  • Lorenz van Gugelberg da Silva, Medali Emas 2007 (Thailand)
  • Lorenz van Gugelberg da Silva, Medali Emas 2008 (Indonesia)
  • M. Wildan Ghifar, Medali Perunggu 2011 (Polandia)
  • M. Ali Syaifudin, Medali Perak 2015 (Indonesia)
  • Yunianti Khotimah, Medali Perunggu 2016 (India)
  • M. Ali Syaifudin, Medali Perunggu 2016 (India)
  • Yunianti Khotimah, Medali Perunggu 2017 (Thailand)
  • Nazal Rhinta Hawari, Medali Perunggu 2021 (Kolombia)
  • Dzaky Rafiansyah, Medali Perak 2022 (Georgia)

Beasiswa Sekolah Semesta

"Sangat senang dan bangga. Sembilan medali internasional dari tahun 2007 bukanlah pencapaian yang mudah," ungkap Kepala Sekolah SMA Semesta Ahmad Nurani saat dihubungi Kompas.com (26/8/2022).

"Untuk bisa mewakili Indonesia dalam ajang internasional ini tentu tidaklah mudah. Banyak rintangan harus dilalui agar bisa tampil maksimal di kancah internasional demi mengharumkan nama Indonesia," jelas Ahmad Nurani.

Lebih jauh ia menyampaikan, seleksi siswa prestasi sudah dilakukan dari awal semester untuk memetakan minat dan bakat siswa.

Kemudian siswa berprestasi ini ditampung di klub Semesta Olympiad Squad dengan kegiatan-kegiatannya berupa pelatihan olimpiade sains baik secara rutin maupun berkala.

Sebagai sekolah unggulan di Jawa Tengah, lanjut Ahmad Nurani, Sekolah Semesta tidak hanya membekali siswa olimpiade dengan pelatihan akademik namun siswa diberikan juga bimbingan mental dan karakter.

Dalam kesempatan sama, Ahmad Nurani juga menyampaikan, Sekolah Semesta setiap tahun selalu membuka jalur beasiswa. Dzaky Rafiansyah adalah salah satu contoh siswa penerima beasiswa SMA Semesta.

"Program beasiswa dimaksudkan memberikan kesempatan kepada para siswa-siswi yang memiliki bakat di bidang akademik (OSN), olahraga, menyanyi, membaca puisi dan tahfidz, untuk bisa bersekolah di Sekolah Semesta," ujarnya.

Baca juga: Penutupan EMC 2020, Puspresnas Apresiasi Upaya Adaptasi Perkuat Prestasi Siswa

Bulan September tahun ajaran 2022/2023 sekolah Semesta rencana akan kembali membuka jalur beasiswa.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Humas sekolah Semesta atau mengunjungi website sekolah Semesta www.semesta.sch.id

"Tetap jaga kesehatan. Mari kita maksimalkan pembelajaran tatap muka dengan kegiatan-kegiatan belajar yang bermakna bagi siswa," pesan Ahmad Nurani menutup penjelasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com