Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pelaku UMKM, Iluni UI Jalin Kerja Sama dengan BKPM

Kompas.com - 26/08/2022, 11:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) meresmikan kerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kerja sama ini sebagai upaya Iluni UI memberikan dukungan kepada pelaku UMKM alumni UI melalui berbagai kegiatan edukasi dan program bantuan peningkatan skala usaha.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian dan Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal BKPM Riyatno bertempat di Gedung Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Jakarta (24/8/2022).

Dalam sambutannya, Andre menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan melalui kerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM kepada alumni UI.

Salah satu bentuk kerja sama yang telah dijalankan adalah program pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk para pedagang UMKM di UI pada acara Home Coming Day UI 2022 pada Minggu (21/8/2022).

Pedagang yang mendaftar pada acara, mendapatkan asistensi sehingga bisa langsung membuat di tempat. Setidaknya ada sekitar 60 orang pedagang kantin se-UI berpartisipasi dalam kegiatan pembuatan NIB bersama Iluni UI.

“Iluni UI dari awal sudah banyak bergerak membantu pemerintah dalam meningkatkan investasi dan ekonomi, mulai dari diskusi Policy Center, hingga usaha yang dilakukan MBC. Yang baru saja kemarin MBC lakukan adalah seminar mengenai NIB untuk pedagang kantin pada acara Home Coming Day UI,” ungkap Andre.

Melalui program kerja sama yang terjalin, alumni UI berpeluang mendapatkan fasilitasi peningkatan skala usaha, baik melalui matchmaking dengan perusahaan investasi ataupun program kemitraan BKPM.

Iluni UI dan BKPM juga akan berkoordinasi terkait pengajuan dan penerimaan dokumen perizinan berusaha hasil rekomendasi dari Iluni UI sesuai ketentuan yang berlaku di BKPM. Tak hanya itu, BKPM juga berkomitmen untuk menyediakan sarana dan fasilitas penyelesaian hambatan berusaha bagi pelaku UMKM yang menjadi anggota Iluni UI.

Baca juga: Pengmas UMJ Gelar Lokakarya Penguatan UMKM dan Bumdes Kuripan Bogor

“Ini adalah peluang besar bagi alumni yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya, Ke depan bersama-sama dengan BKPM, ILUNI UI akan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan untuk para pelaku UMKM alumni UI melalui seminar, pelatihan, dan FGD,” jelasnya.

Andre juga menyatakan komitmen ILUNI UI untuk membantu BKPM, salah satunya dengan memberikan hasil riset untuk pengembangan inovasi kebijakan investasi dari para akademisi alumni UI.

Sementara itu, Riyatno menuturkan, Kementerian Investasi telah melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga. Program NIB yang diusahakan oleh BKPM adalah untuk memberikan legalitas bagi para pedagang dalam berusaha.

Melalui kerja sama ini, diharapkan informasi serta akses NIB semakin dipermudah bagi para pedagang.

“Banyak pedagang masih belum mempunyai legalitas. Nah dari kolaborasi ini, diharapkan bisa memberikan akses untuk memperoleh legalitas, sebab kepemilikan legalitas dapat mempermudah pembiayaan bagi para pedagang,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com