Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Economics Expo 2022" FE UNJ: UMKM Pilar Penting Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 23/05/2022, 10:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai bagian dies natalis ke-17, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) menggelar Economics Expo 2022. Acara puncak berlangsung secara daring pada 19 Mei 2022 mengangkat tajuk bersinergi dalam diversitas, semangat dan inovasi.

Acara puncak Economics Expo Talk menghadirkan diskusi panel “Economics Expo Talks” yang mengangkat topik mengenai pembiayaan UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam keynote speech melalui rekaman video memberikan apresiasi atas diangkatnya tema pengembangan kemajuan UMKM dalam diskusi panel di sesi Economics Expo Talk.

Ia juga menyampaikan, pemerintah memberikan dukungan bagi pengembangan UMKM dengan semakin dimudahkannya akses pembiayaan UMKM.

"Di mana saat ini porsi kredit UMKM dari total kredit masih terbatas di kisaran 18 persen, dan Presiden RI sudah memberikan arahan agar meningkatkan porsi kredit UMKM minimal 30 persen di tahun 2024," ungkap Airlangga.

"Karena memang UMKM merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia, UMKM bangkit maka perekonomian Indonesia juga akan bangkit," tambah Airlangga Hartanto.

Ragam kegiatan internasional

Ari Saptono, Dekan FE UNJ menyampaikan, acara ini sebagai bentuk komitmen Fakultas Ekonomi untuk tetap bersinergi dalam keragaman dan terus berupaya mengembangkan sumber daya manusia yang unggul kreatif inovatif secara berkelanjutan melalui penyelenggaraan tri darma yang berkualitas.

Dalam kesempatan sama, Prof. Komarudin, Rektor UNJ menyampaikan harapan agar FE UNJ terus maju dan berkembang pesat menjadi fakultas terbaik di UNJ dan meningkatkan kreativitas dan produktivitas melalui karya akademik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Di G20 Empower, 4 Menteri Dukung Perempuan Kembangkan UMKM Indonesia

Ketua Pelaksana Economics Expo ke-17, Suherman dalam laporan kegiatan menyampaikan dalam Economics Expo 2022 ini terdapat kurang lebih 30 kegiatan yang dapat dikelompokan terdiri dari sembilan kegiatan, di mana tiga kegiatan berskala internasional dan 6 berskala nasional.

Kegiatan pertama adalah International Instagram Reels Competition (IIRC), terdapat 80 tim dari Indonesia, dari 24 perguruan tinggi swasta dan negeri dan tiga tim dari Taiwan, dari 2 universitas yaitu Southern Taiwan University of Science and Technology dan Asia University.

Berikutnya adalah International Seminar Series Economics Expo 2022, terdapat 6 pembicara internasional, yang pertama Prof. Mohammad Nazari Ismail, dari Faculty of Economic and Business University of Malaya, kedua Prof. Josep Cherian dari NUS Business School, ketiga Prof. Avanidhar Subramanyam dari Anderson School of Management University of California Los Angeles, keempat Prof. Mathis Van Dijk dari Rotterdam School of Management Erasmus University, kelima Prof. Raghavendra Rau dari Judge Business School, University of Cambridge, dan yang keenam Associate Professor Jo-Ann Clair Suchard dari University of New South Wales Business School.

Sebanyak 891 orang peserta menghadiri kegiatan international seminar tersebut yang berasal dari 35 perguruan tinggi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Suherman juga menyampaikan telah terselenggara juga International Portfolio Analysis Competition, yang diikuti oleh 59 tim baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dari dalam negeri diikuti oleh perguruan tinggi seperti UI, Prasetya Mulya dan lain sebagainya, dan tiga diantaranya berasal dari luar negeri yaitu Tuanku Abdurrahman University College, Asia Pacific University, University Malaysia Sabah, dan University Utara Malaysia.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Mengelola Keuangan untuk UMKM

Pada kesempatan ini, Putu Bagus Kresna, Direktur Capital Market dan Operasional dari PT. BNI Sekuritas ikut hadir dan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada FE UNJ dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba International Portfolio Analysis Competition.

Selain itu Putu Bagus Kresna juga mengatakan harapannya agar kerjasama antara FE UNJ dan BNI Sekuritas dapat terus berlanjut di masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com