Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Indonesia Borong 7 Medali di Kompetisi Matematika Dunia 2022

Kompas.com - 15/08/2022, 14:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan memperoleh 1 medali emas, 2 medali perak, 4 medali perunggu, dan 3 honorable mention di ajang International Mathematics Championship (IMC) 2022.

IMC adalah salah satu ajang internasional jenjang pendidikan tinggi Tahun 2022 di bidang penalaran. Diselenggarakan secara daring pada tanggal 1-7 Agustus 2022 lalu di Blagoevgrad, Bulgaria.

Para mahasiswa yang mewakili Indonesia merupakan medalis ajang talenta ONMIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) tahun 2021 dan telah melewati ajang kompetisi dengan menjawab soal-soal yang berasal dari bidang aljabar, analisis (nyata dan kompleks), geometri dan kombinatorik.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Dirangkum dari laman Pusat Prestasi Nasional, perolehan medali emas diraih oleh Fahreezan Sheraz Diyaldin (Universitas Gadjah Mada). Untuk medali perak diraih oleh Steven Fernaldy Tanno (Universitas Indonesia), Abdillah Ahmad (Institut Teknologi Bandung).

Selanjutnya, untuk medali perunggu diraih oleh Arief Rachman Hakim (Universitas Negeri Surabaya), Aditya Dwianto (Universitas Dipenogoro), dan Fani Haerul Anam (Universitas Gadjah Mada).
Sementara, I Komang Sadhu Gunawan (Universitas Gadjah Mada), Muhammad Husnul Khuluq (Universitas Brawijaya), dan Fevin (Universitas Sumatera Utara) meraih honorable mention.

Pencapaian ini tidak lepas dari bimbingan intensif yang diberikan oleh Pembina dan kerja keras dari seluruh delegasi.

Adapun Pembina yang telah bekerja keras membimbing delegasi adalah Siti Fatimah, S.Pd., M.Si., Ph.D (Universitas Pendidikan Indonesia), Aleams Barra, Ph.D. (Institut Teknologi Bandung), Dr. Nanang Susyanto, M.Sc. (Universitas Gadjah Mada), Dr. Darmajid (Universitas Brawijaya), Prof. Dr. Christiana Rini Indrati, M.Si. (Universitas Gadjah Mada), dan Dr. Math. Fajar Yuliawan, S.T., M.Si (Institut Teknologi Bandung).

Baca juga: Sosok William, Lulusan Terbaik, Termuda, Tercepat ITB dengan IPK 4,00

Torehan prestasi para mahasiswa Indonesia ini memperoleh apresiasi yang setinggi-tingginya oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi.

Asep mengucapkan selamat untuk para mahasiswa dan seluruh delegasi yang telah mengikuti IMC dengan maksimal dan memperoleh hasil yang luar biasa.

"Selamat untuk adik-adik semuanya, terus upgrade diri dan berproses. Adik-adik adalah generasi emas Indonesia yang diharapkan dapat berkontribusi, menyebarkan, dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan Indonesia,” jelas Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com