Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Managing Editor Kompas.com Bekali Wawasan Jurnalistik Generasi Muda

Kompas.com - 28/07/2022, 15:49 WIB
Growth Center,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi seorang jurnalis tidak hanya membutuhkan wawasan teori dari buku, namun juga perlu dibekali dengan insight praktis dengan para ahli.

Mendukung para insan muda Indonesia yang memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik, Kognisi.id by Kompas Gramedia sebagai platform kursus online menyelenggarakan workshop Jurnalisme Berkebangsaan pada 7 Juli 2022.

Difasilitasi oleh jurnalis senior yang kini aktif sebagai Managing Editor Kompas.com, Heru Margianto, workshop ini dihadiri oleh 20 peserta yang berasal dari Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Jaringan Gusdurian.

Melanjutkan dari sesi sebelumnya yang dilaksanakan pada 26 Juni lalu, sesi kali ini berfokus untuk menjawab pertanyaan peserta mengenai materi yang sudah mereka pelajari pada kursus onlineBagaimana Caranya Menulis Seperti Wartawan”.

Para peserta begitu antusias melontarkan sejumlah pertanyaan yang cukup variatif, mulai dari kesadaran penulisan, saran ketika sedang bekerja di lapangan, hingga kehadiran media independen.

Menjawab rasa penasaran para peserta, Heru Margianto memberikan penjelasan berdasarkan dari pengalaman nyata dirinya sendiri selama dua dekade berkecimpung menjadi awak media.

“Saya senang menerima pertanyaan-pertanyaan yang sangat kritis dan eksploratif untuk menggali kedalaman materi. Peserta memiliki minat terhadap topiknya dan terlihat ingin mengembangkan diri," ujar Heru Margianto.

Saya berharap materi ini mampu mengembangkan keterampilan para peserta. Mesti diingat bahwa menulis itu skill. Artinya, tidak cukup hanya ikut pelatihan. Perlu latihan terus setiap hari," tambahnya.

Ia juga menegaskan, pelatihan adalah modal untuk mengenal hal-hal apa saja yang harus dilatih setiap hari. "So, semoga setelah pelatihan ini para peserta akan terus berlatih menulis setiap hari,” pesan Heru Margianto.

Secara berkelanjutan, para peserta akan meningkatkan wawasan mereka dengan sesi ketiga workshop Jurnalisme Berkebangsaan yang akan berlangsung pada akhir bulan Juli.

Peserta dapat memilih antara dua kursus lanjutan yang disediakan, yaitu “Meniti Karier menjadi Seorang News Anchor yang Profesional” bersama News Anchor & Produser KOMPAS TV Frisca Clarissa atau “Menciptakan Konten Kreatif & Memperluas Jangkauan Bisnis melalui Blog” yang dibawakan oleh Chief Operating Officer Kompasiana Nurulloh.

Bagi Anda yang ingin mengikuti kursus online serupa juga dapat berpartisipasi melalui Kognisi.id. Terdapat lebih dari 10 kategori kursus online yang bisa Anda pilih sesuai minat dan kebutuhan. Selamat belajar!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com