Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Kerja Terbaik di Indonesia 2022, Fresh Graduate Cek

Kompas.com - 29/06/2022, 19:34 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Great Place to Work merilis 10 perusahaan terbaik di Indonesia. Great Place to Work adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja yang sudah beroperasi sejak tahun 1992.

Selama ini Great Place to Work membantu organisasi mengukur budaya mereka dan menghasilkan bisnis yang lebih baik dengan menciptakan pengalaman kerja dengan kepercayaan tinggi bagi semua karyawan.

Great Place to Work sudah menyurvei lebih dari 100 juta karyawan di seluruh dunia dan menggunakan pengalamannya tersebut untuk menentukan apa yang membuat pengalaman kerja yang hebat. Dalam hal ini kepercayaan menjadi kunci utama.

Baca juga: 10 Negara dengan Penduduk Paling Pintar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Managing Director Great Place to Work ASEAN & ANZ Evelyn Kwek mengatakan, selama 30 tahun terakhir Great Place to Work sudah memublikasikan ratusan daftar Best Place to Work di seluruh dunia.

Pihaknya merasa terhormat untuk membawa standar emas Employer Branding ke Indonesia. Sertifikasi dan daftar tempat kerja terbaik didasarkan pada penilaian tempat kerja yang kredibel dan ketat yang berpusat pada pengalaman dan praktik karyawan yang membangun hubungan dan kepercayaan.

"Untuk tahun pertama kami di Indonesia,kami membawa tema Kepercayaan, Dorongan dan Keterikatan," kata Evelyn dalam acara perdana Indonesia Best Workplaces Virtual Reveal 2022 yang disiarkan secara virtual di YouTube Great Place to Work, Rabu (29/6/2022).

Kepercayaan adalah nilai utama di Great Place to Work dan kepercayaan adalah membangun hubungan dua arah. Dalam studi perdana perusahaan-perusahaan di Indonesia, kedua dasar ini lahir di dunia nyata.

Dia menambahkan, karyawan yang bangga menjadi bagian dan bersedia bekerja lebih keras. Dengan kata lain, mereka sangat terlibat. Keterlibatan di tempat kerja tidak terjadi dalam semalam dan juga tidak secara kebetulan.

Baca juga: Astra International Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1 Semua Jurusan

Studi ini menunjukkan bahwa tempat kerja memiliki tiga kesamaan ini, yakni:

  • Apa yang diperjuangkan dan dijalankan oleh sebuah perusahaan, diartikulasikan dengan jelas dan direalisasikan setiap hari.
  • Kebijakan dan praktik yang dirumuskan dengan baik dan dilaksanakan dengan sepenuh hati dan jiwa.
  • Pemimpin yang dicintai dan dihormati karena orisinalitas dan mudah didekati.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia ini telah berhasil menciptakan tempat kerja terbaik bagi karyawannya. Berikut 30 perusahaan pertama di Indonesia yang telah divalidasi oleh karyawannya sebagai tempat kerja yang terpercaya. Berikut adalah daftar perusahaan tersertifikasi Great Place to Work di Indonesia tahun 2022, yakni:

3M Indonesia, B Braun Indonesia, Baxter Indonesia, Bayer Indonesia, Capella Ubud, Cisco Indonesia, Coats, Dart Global Indonesia, DHL Express Indonesia (PT Birotika Semesta), DHL Global Forwarding Indonesia, DHL Supply Chain Indonesia.

Diageo Indonesia (PT Langgeng Kreasi Jayaprima), Dow Indonesia, DKSH Indonesia, Eka Mas Republik (MyRepublic Indonesia), Ericsson Indonesia, Galderma, HP Indonesia, IFF Indonesia, Indo Kordsa Tbk, Linknet Tbk, Livit International, Luminary, Maersk Indonesia, Medtronic Indonesia, PUMA, Rainforest Alliance Indonesia, SC Johnson Indonesia, Schneider Electric Indonesia, Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Teleperformance, URC, Vidio.

Baca juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Staf Perbankan D3-S1 di 13 Wilayah

Untuk menilai suatu perusahaan, Great Place to Work mendirikan Trust Index Survey yang menggunakan skala kebenaran 1-5 untuk menilai pengalaman karyawan di perusahaan. Dibutuhkan kurang dari 20 menit untuk menyelesaikan seluruh survei.

Berikut 10 tempat kerja terbaik di Indonesia tahun 2022, yakni:

1. Cisco Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com