Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UBM Ajak Aksi Nyata Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Kompas.com - 30/04/2022, 13:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Bunda Mulia (UBM) menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi dalam mewujudkan agenda global, Suistanable Develepment Goals (SDG's). Seperti diketahui, Indonesia menjadi satu dari 169 negara yang berkomitmen mencapai 17 tujuan SDGs tahun 2030.

Salah satunya, UBM melalui program studi (prodi) Akuntansi menyajikan “Take Actions for The Sustainable Development Goals” pada Selasa, 26 April 2022 sebagai rangkaian dari The UBM Studium Generale Series 005.

Diikuti lebih dari 350 partisipan, kuliah umum menghadirkan dua pembicara utama; Prof. Jeffrey Hales (Chair of Sustainability Accounting Standard Board, Amerika Serikat), serta Josephine Satyono (Executive Director UN Global Company, Indonesia).

Pelaksanaan acara ini bertujuan memberikan pemahaman bagi peserta mengenai pentingnya sustainability atau keberlanjutan bagi entitas baik profit maupun non-profit sejalan dengan SDGs yang menjadi agenda global.

Selain itu, diharapkan acara ini juga mampu memberikan gambaran bagi peserta mengenai perkembangan pelaporan Sustainability Report (SR), dan memaparkan bagaimana bisnis perlu memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat demi mencapai SDGs.

Dalam pemaparannya, Josephine Satyono menyampaikan, waktu 8 tahun tersisa sampai dengan target 2030 merupakan waktu yang singkat. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19, membuat proses seakan berjalan mundur 62 tahun dari yang seharusnya.

"Tidak ada bisnis yang berjalan di dalam track, tapi dengan aksi dan ambisi, hasil terbaik masih tetap bisa diraih," tegas Josephine Satyono.

Dalam kesempatan sama, Prof. Jeffrey Hales menyampaikan, “akuntan profesional memegang peran penting dalam membantu perusahaan beroperasi. Kuncinya adalah membantu penentuan keputusan.”

Prodi Akuntansi UBM yang memiliki akreditasi A memiliki peminatan Managerial Accounting, Tax Accounting, Audit and Public Practice. Lulusan prodi ini mewajibkan mahasiswa memiliki Certified Accurate Professional (CAP).

Baca juga: Warek Kalbis Institute: SDGs Juga Tanggung Jawab Masyarakat Akademik

 

Dalam hal kerja sama, Prodi Akuntansi juga menjalin hubungan baik dengan Ikatan Akuntan Indonesia, Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd), serta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Utara (Kanwil DJP Jakarta Utara).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com