Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bumi 2022, Iluni UI Gelar Program "Akar Wangi untuk Bumi"

Kompas.com - 23/04/2022, 21:31 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.cm – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) melalui Community Development Center dan Alumni Peduli Center (APC) melakukan penanaman 5.000 Vetiver (Vetiveria zizanioides) atau Akar Wangi di Danau Puspa, UI Depok, pada Jumat, 22 Maret 2022.

“Sesuai tema Hari Bumi 2022, invest our planet, ini adalah upaya Iluni UI mengambil peran dalam menjaga bumi dengan menginvestasikan kegiatan yang mendukung Sustainable Development Goals,” ungkap Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian.

Andre juga mengatakan, kegiatan ini menjadi komitmen Iluni UI untuk mengambil bagian dalam menjaga lingkungan alam UI.

Saat ini, diketahui enam danau yang berada di UI menjadi tempat perlambatan jalur air dari Puncak Bogor menuju Jakarta. Daerah laluan air tersebut kemudian mengalami pendangkalan akibat sedimentasi, serta menjadi daerah yang rawan longsor.

Lebih lanjut, Andre menekankan pentingnya merealisasikan program pembangunan yang mempertimbangkan Environmental Social Governance (ESG).

Program “Vetiver untuk Bumi” melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Yayasan Kita Jaga Alam (KJA) yang memberikan dukungan penyediaan bibit vetiver.

“Program penanaman vetiver ini diharapkan mampu menjadi solusi konkret untuk ikut memelihara dan mengembangkan lingkungan alam kampus UI. Menjaga air juga masuk dalam presidensi G20," ujar Andre.

"Ini peran kita dengan bekerja sama dengan banyak pemangku kepentingan seperti KLHK, BNPB, dan organisasi seperti KJA,” imbuhnya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kita Jaga Alam (KJA) Doni Monardo mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih atas inisiasi dari kegiatan “Vetiver untuk Bumi”.

Akar Wangi untuk Bumi

 

Menurutnya, Hari Bumi adalah momentum untuk kembali merefleksikan apa kontribusi yang telah diberikan untuk menjaga bumi. Ia juga memaparkan, vetiver yang bentuknya alang-alang efektif menjaga tanah karena akar serabutnya mencapai beberapa meter ke dalam tanah.

Baca juga: Peringati Hari Bumi, Save The Children Luncurkan Aksi Generasi Iklim

“Hari ini dengan menanam pohon mengingatkan kita akan pentingnya merawat bumi bersama-sama. Upaya ini tidak bisa dilakukan sendirian. Kita semua harus ikut membantu agar bumi tidak makin parah,” kata dia.

Menambahkan Doni, Ketua KJA yang juga wartawan senior Egy Massadiah mengungkapkan komitmennya dalam mendukung kegiatan “Vetiver untuk Bumi” di UI.

"Dalam acara Vetiver Untuk Bumi yang bertepatan dengan Hari Bumi 22 April 2022 di kampus UI ini, kami memberi dukungan 5.000 tanaman vetiver untuk ditanam di UI, khususnya sekitar kawasan danau UI," tuturnya.

Direktur Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI Ahmad Syafiq, menyampaikan apresiasi atas inisiasi yang dilakukan Iluni UI untuk menjaga lingkungan UI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com