Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Syarat, Jadwal, dan Biaya Ikut UM-PTKIN 2022

Kompas.com - 23/04/2022, 10:59 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022 siap dibuka 25 April hingga 4 Juni 2022.

Jika kamu berminat mendaftarkan diri ke kampus berbasis keagamaan Islam, maka kali ini waktu yang tepat untuk mempersiapkan segala hal.

Mulai dari melihat persyaratan, jadwal pendaftaran hingga ketentuan lain. Hal ini penting agar persiapan kamu untuk mengikuti UM-PTKIN 2022 semakin lancar.

Dilansir dari laman um-ptkin.ac.id, seleksi UM-PTKIN 2022 dilaksanakan melalui ujian tertulis dan dilaksanan secara bersama berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Baca juga: 5 Jurusan dan Kampus Terfavorit SPAN UM PTKIN 2021

Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk persyaratan lengkapnya, simak ketentuannya di bawah ini.

Persyaratan umum Pendaftaran UM-PTKIN 2022

1. Lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.

2. Lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah. Sedangkan lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah.

3. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.

4. Memiliki kesehatan memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

5. Ujian hanya terdiri dari satu tipe ujian yaitu Sistem Seleksi Elektronik (SSE) atau diselenggarakan menggunakan komputer SSE, tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

6. Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.

Alur pendaftaran UM-PTKIN 2022

1. Pendaftaran dan mengisi biodata secara online di laman um-ptkin.ac.id.

2. Lakukan proses pendaftaran hingga kamu mendapatkan nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan, serta tata cara pembayaran.

3. Lanjut pembayaran di Bank BNI atau selain BNI. Pembayaran melalui Bank BNI dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI dengan menunjukkan atau memasukkan nomor SIP.

4. Pembayaran selain Bank BNI dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI (ada tambahan biaya). Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Baca juga: 8 Jurusan Langka S1 di Indonesia yang Prospek Kerjanya Tinggi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com