Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Sukseskan Vaksinasi Anak SD, 3 Perusahaan Swasta Gotong Royong

Kompas.com - 24/01/2022, 12:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Guna mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 untuk anak SD atau usia 6-11 tahun, tiga perusahaan swasta ini menggelar vaksinasi selama 5 hari, yaitu pada 20-24 Januari 2022 di Mall Neo Soho Jakarta Barat.

Adapun tiga perusahaan itu ialah Danone Indonesia, Indomaret dan Neo Soho. Dengan vaksinasi, maka anak usia SD juga punya perlindungan terhadap ancaman virus Covid-19.

Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbud Ristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., memberikan apresiasi bagi tiga perusahaan tersebut yang telah berkontribusi dalam mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi anak usia sekolah dasar.

Baca juga: Ini Pedoman Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Ortu Wajib Paham

"Vaksinasi anak ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak," ujar Sri Wahyuningsih seperti dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Senin (24/1/2022).

Dukung PTM terbatas

Selain itu, vaksinasi ini juga dapat mendukung keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Hanya saja, Direktur Sekolah Dasar juga mengingatkan bahwa penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

Karena vaksinasi dan protokol kesehatan adalah satu hal yang tidak boleh dipisahkan.

"Meskipun kita dan anak-anak sudah mendapatkan vaksinasi, namun kita harus tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Apalagi kasus virus corona varian omicron sudah merambah Indonesia," jelasnya.

Ia berharap dengan semakin meningkatnya pemberian vaksin kepada anak-anak ini akan memperkuat ketahanan tubuh anak sehingga dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan lebih tenang, aman dan juga nyaman.

Sementara Gondo Sudjoni NH, Customer Relationship Management Executive Director PT. Indomarco Prismatama berharap dengan adanya vaksinasi ini anak-anak sebagai generasi Indonesia dapat menjadi generasi yang hebat dan terus maju.

Baca juga: Ortu di DIY, RSA UGM Buka Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

"Mari kita sama-sama taati protokol kesehatan. Vaksinasi ini merupakan perwujudan pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat Indonesia tetap sehat dan aman dari Covid 19," ungkapnya.

Ini sebagai kolaborasi multi pihak

Sedangkan Marulina Dewi, Kepala Bagian Kerjasama Pihak Ketiga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, sentra vaksinasi ke-94 di DKI Jakarta ini sangat mendukung kolaborasi dengan multi pihak untuk mewujudkan masyarakat sehat dan Covid-19 dapat dikendalikan.

Pihaknya juga apresiasi kepada ketiga perusahaan swasta tersebut. Karena ini seiring dengan SKB 4 Menteri yang mengamanatkan bahwa daerah level 1 dan 2 dapat segera melaksanakan pembelajaran tatap muka 100 persen dengan kategori masyarakat sudah divaksin 80 persen.

"Nanti juga akan ada vaksin keliling untuk menjangkau masyarakat yang memiliki keterbatasan mobilitas," kata Marulina Dewi.

Berdasarkan data per Jumat, 21 Januari 2022 pukul 18.00 WIB, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua yaitu 123.377.362 orang atau 59,24 persen dari total target sasaran vaksinasi.

Baca juga: Siswa, Ini Cara Mendapatkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Sementara itu, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yakni sebanyak 180.241.066 orang atau 86,54 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com