Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBMPTN 2022, LTMPT: Ada Tambahan Materi Ujian UTBK 2022

Kompas.com - 13/12/2021, 10:28 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sosialisasi daring "Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022", Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyosialisasikan sejumlah ketentuan terkait penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2022.

Terkait dengan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2022, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto menyampaikan adanya perbedaan dalam materi tes di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

"Di UTBK tolong diperhatikan. Sekali lagi kalau bicara soal meteri tes, ini yang berbeda," ujar Budi dalam sosialisasi daring "Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022", Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Lulusan Jadi CPNS, Ini 9 Prodi PKN STAN dan Syarat Nilai

Bila di UTBK 2021 materi tes berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA), maka di UTBK 2022 ada tambahan materi tersendiri berupa Bahasa Inggris.

 

Dalam pengerjaannya, lanjut Budi, jadwal ujian Bahasa Inggris dilaksanakan bersamaan dengan TPS. Namun, nilai dari hasil ujian Bahasa Inggris akan dimasukkan dalam sertifikat UTBK, tidak digabung dengan nilai TPS.

Sementara untuk hal lainnya, pelaksanaan UTBK 2022 dengan 2021 masih relatif sama. Budi juga menyampaikan, pelaksanaan UTBK baik gelombang satu maupun kedua akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri 2022.

Melansir laman LTMPT, berikut penjelasan terkait jenis dan materi UTBK 2022:

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Materi UTBK 2022

1. Tes Potensi Skolastik (TPA)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

 

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com