Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2021, 19:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas 12 yang punya segudang prestasi jangan melewatkan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Ada banyak keuntungan jika kamu berhasil lolos SNMPTN 2022. Salah satunya yakni lebih menghemat biaya pendidikan karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pun mengadakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru 2022 secara virtual, Minggu (12/12/2021).

Sekolah dan siswa yang memenuhi persyaratan harus mempunyai akun LTMPT. Pembuatan akun LTMPT sudah bisa dimulai 4 Januari - 15 Februari 2022.

Baca juga: SNMPTN 2022, LTMPT: Pengisian PDSS Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

Lolos SNMPTN 2022, tidak boleh daftar UTBK SBMPTN

Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Budi P Widyobroto menekankan bahwa siswa kelas 12 yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN 2022, tidak diizinkan lagi untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022.

Menurut Prof. Budi, ada beberapa konsekuensi yang akan diterima calon mahasiswa. Salah satunya calon mahasiswa tidak akan mengantongi nilai UTBK.

Padahal beberapa perguruan tinggi di jalur mandiri membutuhkan nilai UTBK. Sehingga calon mahasiswa pun tidak bisa mengikuti seleksi jalur Mandiri.

"Hati-hati dalam pemilihan program studi. Kalau senangnya satu ya pilih satu program studi saja tidak usah pilih dua. Kalau memilih dua program studi ya harus dua-duanya senang. Kalau diterima tinggal daftar ulang," ungkap Prof. Budi, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Siswa Kenali Perbedaan Grammar dan Tenses dalam Bahasa Inggris

Prof. Budi menerangkan, dalam proses pelaksanaan SNMPTN 2022, sekolah wajib mempunyai akun LTMPT dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). 

"Sekolah bisa menentukan calon pesertanya, sekolah akreditasi A punya kuota 40 persen. Siapa saja itu wewenangnya adalah di sekolah. Yang penting tidak menjadikan permasalahan di kemudian hari," tegas Prof. Budi.

Bagi sekolah yang tidak setuju data yang diluncurkan LTMPT, bisa menggunakan kesempatan masa sanggah yang sudah disediakan.

LTMPT mengambil data akreditasi sekolah dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) melalui Pusdatin. Jurusan SLTA dan jumlahnya berapa dari Pusdatin sedangkan LTMPT hanya bersifat mengambil data saja.

"Sekolah mengisi PDSS setelah itu siswa eligible baru mendaftar SNMPTN," imbuh Budi.

Baca juga: Pejuang SNMPTN 2022 Wajib Tahu 12 Tahapan Pendaftaran dari LTMPT

Jadwal SNMPTN 2022

Adapun jadwal pelaksaan SNMPTN 2022 adalah sebagai berikut:

1. Pembuatan akun LTMPT: 4 Januari - 15 Februari 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com