Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KOPSI 2021, Animasi "Jelajah Waktu Peneliti Muda Nusantara" Jadi Inspirasi Siswa

Kompas.com - 17/11/2021, 16:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ada hal menarik dalam pembukaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KOPSI 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek pada 16 November 2021 secara daring.

Dalam pembukaan acara dihadirkan animasi karya anak bangsa dengan judul "Jelajah Waktu Peneliti Muda Nusantara" yang merupakan hasil karya

Animasi ini menjadi inspirasi bagi para siswa peserta KOPSI 2021 dan juga mendapatkan apresiasi dari Dirjen PAUD Dikdasmen Jumeri dan Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi.

Animasi "Jelajah Waktu Peneliti Muda Nusantara" mengambil seting waktu 2045 saat Indonesia berhasil mewujudkan Indonesia Emas di mana bangsa ini telah menjadi bagian negara maju yang diperhitungkan dalam persaingan global.

Pada masa itu dikisahkan, anak muda Indonesia telah menjadi ujung tombak kekuatan bangsa dan mereka berkolaborasi dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Saat menghadapi masalah pada masa itu, tiga peneliti muda Indonesia Matt, Yora, dan Reka diceritakan menemukan "harta karun" hasil penelitian siswa Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia direntang waktu lampau antara tahun 2015-2020.

Dengan teknologi mesin waktu "vision watch" ketiga peneliti muda bertualangan menemukan berbagai inovasi siswa yang banyak mengangkat kekayaan lokal sebagai solusi beragam masalah yang muncul di tengah masyarakat.

Baca juga: Pembukaan KOPSI 2021, BRIN Ajak Siswa Kembangkan Ide Solutif untuk Bangsa

Ada pelitian Lumpur Ndave obat diare alami warisan suku Marind Papua, pluralisme masyarakat Islam dan Hindu di Buleleng Bali, hingga penelitian pembangunan Keraton Jogja yang telah mempertimbangkan pengaturan geologi dan radius yang telah dianggap canggih pada masanya. 

Dalam animasi berdurasi hampir 8 menit ini, tergambar penelitian siswa melalui Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia pada masa ini, ternyata membuat kagum dan menjadi inspirasi para peneliti muda Indonesia di masa depan.

KOPSI membangun budaya penelitian siswa

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com