Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Undip Terpilih Jadi Direktur Utama Bank Mandiri Selama Sehari

Kompas.com - 19/10/2021, 13:09 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menyisihkan lebih dari tujuh ribu pendaftar, Adinda Zenniar, mahasiswi Program Studi S1 Informatika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) terpilih sebagai Direktur Utama Bank Mandiri selama sehari oleh Menteri BUMN Erick Thorir.

Adinda berkesempatan menjadi Direktur Utama Bank Mandiri selama sehari, menggantikan peran Direktur Utama Darmawan Junaidi.

Mahasiswi asal Jawa Tengah ini melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari menyaksikan penandatanganan kerja sama, memimpin rapat pimpinan, hingga kunjungan lapangan. Adinda juga memberikan masukan atas situasi yang diobservasinya.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

“Saat ini yang sedang tren di era digitalisasi adalah bank digital. Karena itu, saya minta Adinda men-take over posisi Dirut Bank Mandiri dan nanti laporkan ke saya bagaimana transisi digital di Bank Mandiri”, ucap Erick Thohir seperti dirangkum dari laman Undip, Selasa (19/10/2021).

Sebelum mengambil alih tugas Direktur Utama Bank Mandiri, Adinda mengikuti mentoring dan shadowing yang diberikan langsung oleh Erick Thohir.

“Jadi, sebelum kami take over, kami sudah melihat secara langsung bagaimana mereka memimpin”, ucap mahasiswi Informatika itu.

Adinda juga berdiskusi untuk meningkatkan kepemimpinan setara di lingkungan Bank Mandiri. Pasalnya, sebagai mahasiswa di bidang Informatika, ia berpendapat kalau keterlibatan perempuan di bidang Informatika masih sangat minim.

“Kami belajar langsung dengan pemimpin-pemimpin perempuan di berbagai BUMN, Plan Indonesia, dan juga mentor lainnya yang ahli di bidang kesetaraan gender dan juga komunikasi publik. Dalam proses pembelajaran di kelas selama 4 hari, kami juga ditantang membuat video kampanye pentingnya kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan”, ungkap Adinda.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Selain Adinda, ada 5 perempuan muda lainnya yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia yang terpilih sebagai finalis Girls Take Over 2021.

Finalis Girls Take Over 2021 tersebut adalah Adinda (Jawa Tengah), Arum (Sulawesi Selatan), Putri (Jawa Barat), Sharon (Jawa Barat), Sisilia (Nusa Tenggara Barat), dan Virdha (Jawa Tengah).

Mereka “mengambil alih” tugas dari Menteri BUMN dan 5 pimpinan BUMN lainnya. BUMN tersebut antara lain Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Angkasa Pura 1, Kimia Farma, dan Telkomsel.

Mengenal sosok Adinda

Adinda berhasil menyisihkan lebih dari tujuh ribu pendaftar Girls Take Over 2021 dan melewati berbagai tahapan seleksi administrasi dan tes tulis online, Girls Leadership Class, seleksi video, dan interview final.

Adinda merupakan sosok mahasiswa Undip yang aktif dalam kegiatan di dalam kampus, mulai dari menjadi anggota Developer Students Club Undip, asisten praktikum, hingga pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas sebagai staf muda bidang Riset dan Keilmuan.

Adinda juga aktif menyuarakan isu lingkungan dan sampah melalui edukasi langsung kepada masyarakat. Berkat kepeduliannya ini, Adinda dinobatkan menjadi Duta Generasi Hijau Jawa Tengah tahun 2019.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Selain itu, ia juga mengikuti program Mata Air Jepara. Adinda berkesempatan mengikuti program Pengajar Jelajah Nusa 2019 sehingga dipercaya untuk mengajar sebagai guru SD di salah satu kota di Indonesia, tepatnya di Kota Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com