Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Dosen UNS Jadi Pelatih Atlet Paralimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 27/08/2021, 16:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paralimpiade Tokyo yang diselenggarakan 24 Agustus-5 September 2021 juga diisi 23 atlet Indonesia.

Selama di Tokyo-Jepang, para atlet ini didampingi para pelatih mereka untuk persiapan pertandingan antar negara.

Menariknya ada 6 dosen dari Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta turut ambil bagian dalam perhelatan olahraga terbesar di dunia ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

“Ada enam dosen UNS yang terlibat sebagai pelatih paralimpik. Dari catatan yang kami miliki, kiprah FKOR UNS selama ini dalam pembinaan olahraga disabilitas sangat menonjol dan signifikan,” ujar Zainudin Amali dilansir dari laman UNS.

Baca juga: Cerita Wahyana, Guru SMP yang Jadi Wasit Olimpiade Tokyo 2020

Keenam dosen tersebut yakni Sapta Kunta Purnama yang juga menjabat Dekan FKOR UNS sebagai pelatih sekaligus manajer tim parabadminton Indonesia.

Lalu Islahuzaman, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Logistik. Kemudian ada Fadhilah Umar, yang menjabat Ketua Unit Penjaminan Mutu FKOR UNS sebagai pelatih paracycling atau balap sepeda.

Kemudian, ada Slamet Widodo, yang saat ini menjadi dosen luar biasa FKOR UNS sebagai pelatih paraatletik serta dosen luar biasa UNS, Rizan S sebagai tim teknis balap sepeda.

Selain enam dosennya menjadi pelatih, UNS juga menjadi salah satu tempat pemusatan latihan tim Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Tahun ini pemusatan latihan memang dipilih di Surakarta karena dinilai Surakarta memiliki fasilitas yang lengkap. Salah satu fasilitasnya yakni lapangan dan alat-alat olahraga milik FKOR UNS.

Baca juga: UNS Gratiskan Kuliah Atlet Peraih Medali Paralympic Games Tokyo 2020

Fasilitas dan layanan yang diberikan oleh UNS dinilai sangat memuaskan. Menpora mengatakan sangat berterima kasih atas apa yang sudah diusahakan oleh UNS.

“Peran UNS sangat besar dalam persiapan Paralimpiade Tokyo 2020. Saya dapat laporan dari Pak Ketua National Paralympic Comittee (NPC), kerja sama antara NPC dan UNS sangat baik sehingga pelatih dan atlet sangat nyaman. Saya ucapkan terima kasih kepada Rektor UNS yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi atlet-atlet paralimpiade,” imbuh Zainudin Amali.

Saat ini, tim Indonesia sudah berada di Tokyo untuk melangsungkan pertandingan. ParalimpiadeTokyo 2020 sudah resmi dibuka pada Selasa (24/8/2021) malam waktu Indonesia. Kini sejumlah atlet sudah mulai berlaga.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKOR UNS, Rony Syaifullah, mengatakan sejumlah dosen yang menjadi pelatih tim Paralimpiade Indonesia juga sudah di Tokyo.

Mereka membantu persiapan hingga mendampingi pertandingan para atlet. "Pelatih yang lolos Paralympic sudah di Tokyo semua, yang lolos kualifikasi maksudnya,” ujar Rony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com