Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Lepas 970 Mahasiswa Belajar di 28 Negara untuk Program IISMA

Kompas.com - 09/08/2021, 17:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim melepas 970 mahasiswa Indonesia untuk program pertukaran pelajar Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Mahasiswa dari 98 perguruan tinggi di Indonesia tersebut akan belajar di 59 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara.

"Saya ucapkan selamat pada 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi Indonesia yang telah lolos seleksi program International Student Mobility Awards. Untuk tahun 2021/2022, mereka akan melakukan pertukaran mahasiswa di 59 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara. Sungguh luar biasa," ujar Nadiem dalam pelepasan Mahasiswa Awardee IISMA 2021, seperti dikutip dari Antaranews, Senin (9/8/2021).

Baca juga: 5 Sekolah Termahal di Indonesia, Intip Biaya Sekolah yang Harus Dibayar

Nadiem mengungkap, sebanyak 2.551 mahasiswa telah mendaftarkan diri di program yang pertama kali diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek tersebut.

"Ini bukti bahwa meskipun kita sedang hidup di masa yang penuh keterbatasan, sesungguhnya kesempatan itu ada," papar Nadiem.

IISMA merupakan skema beasiswa Pemerintah Indonesia, kerja sama antara Kemendikbud Ristek dengan LPDP, untuk mendanai siswa Indonesia untuk program mobilitas di Universitas terkemuka di luar negeri.

Mahasiswa dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk mengasah keterampilan mereka.

Skema beasiswa ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek dan terbuka untuk mahasiswa sarjana dari seluruh perguruan tinggi Indonesia di bawah Ditjen Dikti.

"Khususnya kalian penerima beasiswa IISMA 2021, cobalah hal baru. Jalin pertemanan dengan orang-orang baru, bawa pulang pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk diri dan juga untuk lingkungan sekitar," pesan Nadiem.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com