Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkarya di Tengah Pandemi, Siswa SMAN 1 Godean Adakan Festival Film

Kompas.com - 08/08/2021, 10:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat siswa SMAN 1 Godean Kabupaten Sleman DIY. Sebab, sekolah tersebut menyelenggarakan festival menarik dalam rangka HUT ke-76 RI.

Kegiatan bertajuk Eforia 2021 ini ialah perlombaan festival film dan Proyek Film berjudul "Esperanza". Dalam bahasa Spanyol berarti harapan.

Menurut Ketua Panitia Eforia 2021 yang juga siswa SMAN 1 Godean, Samudra Irfan Al Fauzan, festival ini diikuti seluruh siswa SMA Negeri 1 Godean Sleman.

Baca juga: Yuk Tengok Program Adiwiyata SMAN 1 Godean DIY di Tengah Pandemi

"Masing-masing kelas nantinya akan memproduksi sebuah film bertema 'Perjuangan Meraih dan Mempertahankan Kemerdekaan' dengan durasi 5 sampai 10 menit," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (8/8/2021).

Harapannya, dari kegiatan ini siswa SMAN 1 Godean bisa tetap melaksanakan kegiatan positif dan bermanfaat meski di tengah pandemi yang belum mereda.

Nantinya, lanjut Irfan, setiap kelas boleh berkarya membuat film pendek terkait mengisi kemerdekaan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Misalnya saja membuat video terkait meraih perjuangan pada zaman sekarang atau pun zaman dahulu. Seperti perjuangan Ir. Soekarno (Rengasdengklok) atau sejarah perjuangan lain. Tentu, video dibuat sekreatif mungkin.

"Ini adalah bentuk perjuangan agar bisa merdeka. Terlebih merdeka dari pandemi Covid-19," terangnya.

Untuk prosedurnya, tiap kelas membuat film pendek atau video sesuai tema dan nantinya akan di unggah di akun Youtube resmi SMA Negeri 1 Godean.

Dari video yang diunggah itu nantinya akan dicari mana yang terbaik atau dinilai. Kegiatan ini tentu bisa menjadi sarana mengenalkan SMAN 1 Godean pada masyarakat luas.

Tujuan lain dari kegiatan Eforia 2021 atau Independence Contest For Greater Millennial #2 ini ialah mengenalkan kegiatan kepada siswa kelas 10 yang baru masuk tahun ajaran baru ini.

Film 'Esperanza'

Sementara Sekretaris 2 Panitia Eforia 2021, Soraya Dewi Wisnu Putri menambahkan, selain perlombaan festival film, ada sebuah proyek film dengan nama "Esperanza".

Menurutnya, film ini merupakan sebuah persembahan dari SMA Negeri 1 Godean juga untuk SMA Negeri 1 Godean.

Baca juga: Imbas PPKM Darurat, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di DIY Digelar Daring

Adapun penayangan film dibagi menjadi 3 sub judul, yaitu:

1. Satya Bhakti Prabu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com