Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Dekan Perempuan Unnes Catat Rekor Bidang Ini

Kompas.com - 01/05/2021, 11:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu dekan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini berhasil meraih prestasi. Bahkan menjadi yang pertama di Indonesia.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) mencatat Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd., masuk dalam buku rekornya sebagai ‘Kartini’ atau perempuan pertama bergelar Doktor Bidang Ilmu Keolahragaan.

Tak hanya itu saja, Prof. Tandiyo Rahayu juga menjadi Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Perempuan Pertama di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Tips Perkuat Personal Branding Mencari Kerja

Sebagai penghargaan atas prestasi tersebut, Direktur Leprid Paulus Pangka, SH., memberinya sertifikat, medali dan piagam kepada Prof. Tandiyo Rahayu disaksikan Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum.

Adapun penghargaan dan pencatatan rekor ini dilakukan oleh Leprid terhadap perempuan berprestasi dengan melalui sidang Dewan Peneliti Leprid.

Banyak prestasi lainnya

Akhirnya, diputuskan kepada Prof. Tandiyo Rahayu yang kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (Unnes) sejak Oktober 2015.

"Kami juga catat prestasi Prof. Tandiyo Rahayu sebagai Perempuan Pertama menyandang gelar Doktor di Bidang Ilmu Keolahragaan sejak September 1997," ujar Paulus Pangka seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (30/4/2021).

"Semoga pencatatan oleh Leprid ini bisa menjadi penyemangat Kartini-Kartini Indonesia lainnya agar bisa mengikuti jejak Prof. Tandiyo Rahayu," imbuhnya.

Karena penghargaan tersebut, Prof. Tandiyo Rahayu mengaku mendapatkan kejutan dan tak pernah disangka sebelumnya bisa dapat penghargaan dari Leprid.

Selain menyampaikan terima kasih, pencatatan prestasi ini diharapkan bisa menjadi penyemangat baginya dalam mengabdikan diri di bidang pendidikan keolahragaan bagi bangsa dan negara.

"Sejak kecil usia Sekolah dasar saya memang sudah memiliki minat di bidang olahraga. Di SMA pun saya sudah menjadi atlet bola voli," ungkapnya.

Baca juga: Mahasiswa Jogja, Perusahaan Ini Buka Lowongan Magang

Tidak hanya itu saja, dekan ini sebelumnya juga pernah tercatat sebagai atlet pertama sepakbola wanita di Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com