Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Dibutuhkan, Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesehatan Terbuka Lebar

Kompas.com - 19/04/2021, 12:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tenaga kesehatan menjadi salah satu profesi yang selalu dibutuhkan dunia kerja. Semua rumah sakit, fasilitas kesehatan hingga Dinas Kesehatan membutuhkan tenaga kerja dari lulusan Ilmu-ilmu Kesehatan.

Jurusan Ilmu Kesehatan selalu diincar para siswa untuk melanjutkan pendidikan tiap tahunnya. Salah satu alasannya agar cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Salah satu perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah, Universitas Jenderal Soedirman (Oensoed) Purwokerto memiliki Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes).

Dekan FIKes Prof. Saryono menerangkan, dalam Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan ada beberapa jurusan, yakni program S1 Farmasi dengan Akreditasi B, Kesehatan Masyarakat dengan Akreditasi B, Keperawatan dengan Akreditasi A , Ilmu Gizi dengan Akreditasi A dan Pendidikan Jasmani dengan Akreditasi A.

Baca juga: Trakindo Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Sedangkan untuk S1 Kelas Internasional yaitu Keperawatan dengan Akreditasi B.

"FIKes Unsoed juga menyelenggarakan program pendidikan Profesi yaitu Pendidikan Profesi Ners dengan Akreditasi A, dan Pendidikan Profesi Apoteker dengan Akreditasi B," terang Saryono seperti dikutip dari laman unsoed.ac.id, Senin (19/4/2021).

Prospek kerja prodi keperawatan

Saryono memberikan gambaran tentang prospek kerja profesi Keperawatan.

Menurut dia, perawat memiliki peran penting saat bertugas membantu memenuhi kebutuhan dasar dari pasien.

Baik makan, minum, tidur, dan lain-lain. Itu menjadi tugas utama perawat.

“Lingkup pekerjaan perawat, selain di rumah sakit, juga bisa bekerja di Puskesmas. Dinas kesehatan, perawat kesehatan kerja di perusahaan-perusahaan. Sehingga lingkup kerja lulusan Keperawatan cukup luas," terang Saryono.

Baca juga: Ajak Siswa Kreatif, Pelajaran Menggambar Harus Merdeka dan Bebas

Perawat memiliki peran yang sangat penting dalam kesembuhan pasien. Ketika pasien dirawat di rumah sakit jika orientasi fisik saja dengan diberi obat terus, kesembuhan tentu akan lama.

Dalam hal ini, bagaimana perawat bisa memandirikan pasien, itu sangat penting.

"Yang tadinya memiliki keterbatasan karena pasien tidak mampu, sedikit demi sedikit dilatih supaya mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. Secara psikologis, upaya perawat membantu memandirikan pasien bisa membantu kesembuhan jadi lebih cepat," beber Saryono.

Prospek kerja prodi gizi

Sedangkan prodi Gizi ketika lulus bisa menjadi ahli gizi yang bisa memperhitungkan kebutuhan nutrisi. Baik untuk pasien maupun orang yang sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com