Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Pejuang SBMPTN 2021, Mahasiswa Unair Buat Aplikasi Tryout UTBK

Kompas.com - 27/03/2021, 09:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini membuat proses belajar masih harus dilakukan jarak jauh. Memberi tantangan sendiri bagi siswa yang akan menghadapi ujian, terlebih bagi calon mahasiswa yang sebentar lagi akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Memahami kegelisahan sebagian calon mahasiswa, mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair), Hilmy Muktafi tertantang menciptakan inovasi pendidikan untuk membantu pembelajaran jarak jauh bagi calon mahasiswa baru yang akan menghadapi UTBK. Aplikasi tersebut ia beri nama Analitica.id.

“Analitica diciptakan salah satunya karena adanya keresahan dari dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan. Kita tidak bisa belajar secara tatap muka karena kekhawatiran akan terjadinya penyebaran virus tidak dapat terhindarkan,” ujar Hilmy, seperti dirangkum dari laman Unair, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Ia mengatakan, meski pandemi masih terus ada, pendidikan tidak mungkin berhenti total menunggu hingga pandemi berakhir. Pengalaman belajar harus tetap dirasakan oleh semua siswa.

“Kami tertantang untuk menjadi salah satu perajut solusi terhadap permasalahan ini. Kami mencoba mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dengan harapan dapat mengakselerasi pemerataan akses pendidikan serta mampu menembus batas-batas wilayah,” tambahnya.

Hadirkan try out untuk Ujian Mandiri hingga CPNS

Ia menjelaskan, Analitica sendiri merupakan aplikasi edukasi yang tidak hanya dirancang khusus untuk persiapan ujian seperti UTBK, namun juga Ujian Mandiri, Kedinasan, dan CPNS.

Baca juga: Pilih Jurusan Kuliah, Ikut Tes Minat Bakat Gratis Kompas.com-Quipper

Hilmy mengungkap, aplikasi Analitica telah membantu banyak calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri menuju UTBK 2021. Hal ini terlihat dari ratusan testimoni dari pengguna aplikasi melalui Google Play Store dan App Store.

Di App Store misalnya, Analitica sedang naik daun dengan menduduki posisi 16 teratas bersaing dengan aplikasi pendidikan lainnya. Sudah tercatat jumlah unduhan aplikasi Analitica.id oleh pengguna lebih dari 20 ribu kali.

“Salah satu tujuan Analitica adalah pemerataan akses pendidikan. Tidak lucu kalau hanya tersedia di platform tertentu,” jelas mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi tersebut.

Golden Ticket untuk masuk Unair

alam waktu dekat, Analitica bakal bekerja sama dengan JTV dan Unair menyelenggarakan Tryout UTBK 2021 pada 5 April mendatang.

Baca juga: Beasiswa D3-S1 Pertamina Foundation 2021, Beri Biaya Kuliah dan Hidup

Sepuluh peraih skor tertinggi Tryout UTBK nantinya akan mendapatkan Golden Ticket untuk masuk di Unair.

“Semoga produk-produk yang kami ciptakan mampu memberikan solusi terhadap masalah pendidikan yang ada di Indonesia. Untuk teman-teman calon mahasiswa baru, coba ikuti Tryout di Analitica, semoga bisa membuat kamu lebih produktif di masa pandemi,” ucap Hilmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com