Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tahapan Lengkap dan Link Pendaftaran SNMPTN 2021

Kompas.com - 15/02/2021, 15:14 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Hari ini, Senin (15/2/2021), pukul 15.00 WIB semua calon mahasiswa yang sudah dinyatakan eligible bisa mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2021.

Melansir laman Instagram Ditjen Dikti, Minggu (14/2/2021) Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan cara daftar SNMPTN 2021.

Ada tujuh cara untuk mendaftar SNMPTN. Salah satunya yang paling penting mengisi data kelengkapan orangtua. Untuk itu, data diri orangtua calon mahasiswa perlu dipersiapkan lebih dini sebelum pukul 15.00 WIB agar nantinya mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran.

Termasuk, jika calon mahasiswa memiliki prestasi bisa dilampirkan dan diingat-ingat lagi apa saja prestasi yang pernah diraih. Hal ini, membantu mu dalam proses seleksi SNMPTN.

Baca juga: Tips Pilih Prodi Pertama dan Kedua di SNMPTN 2021

Sebelum itu, harus diketahui dulu tata cara mendaftar SNMPTN 2021 seperti ini:

1. Semua calon mahasiswa yang dapat mendaftar SNMPTN, bisa melakukan login di Portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id/ menggunakan akun LTMPT. Pastikan alamat email dan password telah ter-registrasi.

Cek lagi, apakah kamu termasuk siswa eligible. Jika iya, berarti kamu sudah memiliki akun yang sudah permanen dan memiliki nilai lengkap di PDSS.

2. Langkah selanjutnya, calon mahasiswa mengisi "Kelengkapan Data Orangtua" pada halaman Profil.

3. Kemudian, calon mahasiswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman "Pilihan".

Baca juga: Hal Sepele yang Bisa Membuat Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN-SBMPTN 2021

4. Selanjutnya, bisa mengisikan portofolio pada halaman "Portofolio", jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.

5. Kemudian, isi apa saja prestasi yang kamu raih pada halaman Prestasi. Namun ini tidak wajib diisikan. Jika tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini bisa dikosongkan tanpa meng-upload dan mengisi apapun.

Prestasi yang bisa diisikan pada halaman ini maksimal 3. Untuk itu, pilih "Bidang dan Tingkat Prestasi" yang akan kamu isi pada halaman tersebut.

Selanjutnya, upload "Bukti Prestasi" dengan menekan tombol Choose File kemudian pilih file yang akan di-upload dengan ukuran maksimal 2 MB yang berformat jpg atau pdf.

Selanjutnya, unduh "Bukti Prestasi". Ini, digunakan hanya untuk melihat apakah file prestasi yang sudah di-upload benar atau tidak dengan validasi oleh masing-masing siswa. Setelah selesai tekan tombol Simpan dan akan muncul notifikasi "Berhasil mengunggah file Tunjangan Bulanan

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

6. Langkah selanjutnya, calon mahasiswa melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi Mohon untuk melakukan Finalisasi data pilihan SNMPTN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com