Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Mendikbud Nadiem Dorong Transformasi Pendidikan di Papua Barat

Kompas.com - 12/02/2021, 09:29 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMPN 14 di Kabupaten Sorong, Papua Barat antusias mendapat bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Sejumlah siswa bercerita seputar pembelajaran yang lebih beragam setelah mendapatkan bantuan TIK dari Kemendikbud

“Dulu aku sulit mengerti bahasa Inggris. Setelah ada bantuan TIK, aku bisa mandiri mencari tahu bagaimana menyusun kalimat bahasa Inggris, bahkan cara mengucapkannya. Aku kemarin baru paham arti how are you?” ujar Andriana, siswi kelas VII ini dilansir dari rilis Kemendikbud.

Pada saat yang sama, Duta Rumah Belajar Papua Barat, Novita Sari mengatakan kedatangan Mendikbud ke SMPN 14 merupakan pengalaman berharga di Tanah Papua.

Baca juga: Soal Seragam, Kemendikbud Tegaskan Beri Kebebasan Sesuai Agama

Apalagi, saat ini masih berada dalam situasi pandemi yang membuat banyak pihak khawatir akan dampak ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Namun tekad Kemendikbud meningkatkan pendidikan anak-anak Papua dan Papua Barat terus berkibar.

“Banyak perubahan ketika anak-anak diberikan bantuan TIK. Semangat belajar mulai meningkat. Awalnya jenuh karena hanya membaca. Sekarang bisa browsing dan mencari sumber belajar yang beraneka ragam. Sekarang pelajaran lebih mudah mereka serap,” tutur Novita.

Kemendikbud, sebenarnya tidak hanya menerima bantuan fisik seperti peralatan TIK saja. Namun juga memberikan pilihan-pilihan pembelajaran bagi siswa.

Baca juga: Ingin Cari Modal Usaha, Mahasiswa Bisa Ikut Program PKMI Kemendikbud

Malah, dari bantuan ini bisa membantu siswa mewujudkan mimpi. Misalnya,
siswi SMPN 14 kelas VII, Rofita yang merasa senang Mendikbud mendukung cita-citanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Sejak ada bantuan laptop saya jadi senang mencari informasi. Tidak hanya untuk belajar, tapi juga untuk mencari inspirasi mengejar cita-cita,” kata Rofita di hadapan Mendikbud.

Nadiem sendiri, mengatakan jika program-program kerja prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2021 cukup banyak.

Diantaranya digitalisasi sekolah, revitalisasi pendidikan vokasi, penguatan guru dan tenaga kependidikan, pembiayaan pendidikan, dan pemajuan kebudayaan.

Di hari kunjungan pertamanya, Rabu (10/2/2021), Mendikbud juga memastikan pemanfaatan bantuan alat TIK dari Kemendikbud sudah sampai dan bisa dimanfaatkan oleh para guru dan siswa SMPN 14 Kabupaten Sorong.

“Saya senang mendengar bahwa peralatan TIK yang disalurkan bermanfaat bagi para guru dan siswa. Saya senang diminta lebih banyak lagi. Itu artinya digunakan,” ujar Mendikbud.

Baca juga: Mendikbud: Siswa Papua Barat Senang Sudah Belajar Tatap Muka

Meski di sisi lain, ia menyadari jika bantuan TIK ini masih belum sesuai dengan jumlah murid yang ada. Namun ia memastikan jika ke depan akan terus berusaha mengakselerasi bantuan TIK ini lebih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com