Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UniSadhuGuna Lakukan Hal Ini agar Generasi Muda Peduli Orangutan

Kompas.com - 09/02/2021, 14:36 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan kreativitas mahasiswa. Meski kuliah dilakukan dari rumah, tetapi mahasiswa tetap bisa berkarya.

Bahkan mahasiswa bisa peduli pada lingkungan sekitar. Seperti halnya siswa UniSadhuGuna. Yakni banyak terobosan karya–karya brilian melalui kegiatan.

Kegiatannya ialah kolaborasi antar industri kreatif yang kekinian, baik dari segi pendidikan, budaya dan lingkungan hidup.

Terkait hal itu, PT UniSadhuGuna, bekerjasama dengan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) menyelenggarakan Pameran Karya Kreatif dan Ajang Penggalangan Dana diadakan scara virtual dengan melibatkan Uniprep Junior College (UJC) dan UIC College.

Baca juga: Ingin Kuliah Luar Negeri? Ini Tips dari UniSadhuGuna

Kegiatan secara virtual, Selasa (9/2/2021) tersebut mengambil tema "Green Movement Starts Now - Sustainable Nature For a Better World".

Generasi muda peduli alam

Menurut Aimee Sukesna selaku Head of UniSadhuGuna BSD Campus, seluruh karya yang dihasilkan merupakan bentuk ekspresi siswa atau siswinya dalam menceritakan kepada dunia.

Yakni ingin menunjukkan bahwa generasi muda mampu menjadi roda penggerak bagi generasi selanjutnya untuk peduli akan isu perubahan iklim, hak–hak binatang dan pelestarian lingkungan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, manusia bukan sebagai satu penghuni di alam bumi ini.

Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, membuat dunia berubah. Bahkan dari sektor pariwisata juga membawa dampak luar biasa.

"Pada kesempatan ini kreativitas bertemu dengan kelestarian alam. Adik–adik mahasiswa jurusan kreatif seperti fashion design, graphic design, sound design dan business
berkontribusi langsung kepada kelestarian orang utan melalui berbagai karya seni," terang Menteri Sandiaga Uno.

Eksploitasi berubah penyelamatan lingkungan

Dengan adanya kegiatan ini, Sandi Uno menyampaikan rasa bangganya atas kreativitas para siswa yang ditampilkan secara virtual.

Tentu untuk mengutamakan kelestarian, lingkungan dan pariwisata berkelanjutan. "Saya bangga dan yakin bahwa mata air keberlanjutan bangsa ini masih ada ditangan kalian semua," pesan Sandiaga pada siswa UniSadhuGuna.

Tak hanya itu saja, Sandiaga juga mengatakan, bahwa tren kekinian terutama di kalangan milenial dan kalangan generasi Z telah berubah, dari eksploitasi alam habis-habisan pada penyelamatan lingkungan dan pelestariannya.

Kesadaran ekologis dimana manusia bukanlah penghuni sendiri alam ini, apalagi dunia sedang berubah akibat pandemi, perubahan cepat yang disruptif.

Dijelaskan, angkatan pandemi ini justru mendapat tantangan unik yang akan membentuk karakter unggul, yaitu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com