Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LTMPT Gelar Sosialisasi SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021, Catat Tanggalnya

Kompas.com - 10/12/2020, 18:59 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa Indonesia, seleksi masuk perguruan tinggi sudah di depan mata. Sudah saatnya melakukan persiapan matang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) segera menggelar sosialisasi seleksi masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tahun 2021.

Info tersebut disampaikan oleh LTMPT melalui akun Instagram resmi, Kamis (10/12/2020).

"Acara yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga! Segera daftarkan diri pada Sosialisasi Daring: SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021," tulis akun LTMPT.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Sosialisasi Daring SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021 yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 12 Desember 2020 pukul 09.00-12.00 WIB.

Sebanyak 500 guru BK terpilih akan bergabung melalui Zoom. Sementara peserta yang tidak bisa mengikuti melalui zoom, sosialisasi ini juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan Instagram LTMPT Official.

3 jalur masuk PTN

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

Sementara itu, jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui:

  1. Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.
  2. Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.
  3. PTN juga dapat melakukan seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com