Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Siber Asia Diresmikan, Usung Pembelajaran Online Penuh

Kompas.com - 24/09/2020, 11:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Siber Asia (Unsia) di bawah Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) diharapkan dapat memberikan akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya dan terjangkau kepada masyarakat.

Pemerintah memberikan apresiasi kepada YMIK atas komitmennya mendirikan perguruan tinggi yang mengusung pembelajaran penuh secara dalam jaringan (daring).

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat meresmikan Unsia secara virtual di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Ma'ruf juga berharap, didirikannya universitas tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia. Terlebih Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kondisi sosial ekonomi yang beragam.

Baca juga: Mahasiswa S1-S3, Ini Cara Daftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud

“Karena sebagai negara kepulauan dengan kondisi sosial ekonomi yang beragam, pendidikan melalui sistem pembelajaran daring atau e-learning dapat menjadi sebuah pilihan bagi masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi,” papar Wapres seperti dilansir dari laman Kemendikbud.

Ma'ruf berharap Universitas Siber Asia memiliki standar pembelajaran yang sama dengan pembelajaran konvensional. Sehingga kualitas pembelajaran dan lulusan program studi ini tetap dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Diharapkan mampu membangun "soft skill"

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim turut menyambut berdirinya Unsia sebagai perguruan tinggi yang sepenuhnya daring.

Ia pun menyampaikan harapannya kepada Unsia agar dapat melahirkan lulusan yang kompeten.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

"Saya berharap Unsia menjadi penyelenggara pendidikan jarak jauh yang berkualitas. Tidak hanya membangun hard skills, tapi juga soft skills mahasiswanya. Itulah tantangan dari pembelajaran yang sepenuhnya daring, yaitu bagaimana mencetak sarjana yang kompeten dan unggul secara holistik," tutur Mendikbud.

Mendikbud turut mengapresiasi komitmen Unsia untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar.

"Hadirkan sebanyak mungkin praktisi ke dalam kampus. Ini sangat penting, agar lulusan Unsia betul-betul siap kerja. Tidak hanya menguasai teori, tapi juga bisa berkontribusi. Yang terpenting, agar lulusan Unsia merdeka dalam berpikir. Selalu belajar sepanjang hayat. Itulah inti dari Merdeka Belajar," tutur Nadiem.

Baca juga: Bantuan Kuota Kemendikbud Disalurkan Hari Ini, Simak Jadwal Lengkap

Rektor Unsia, Jang Youn Cho, mengaku merupakan suatu kehormatan baginya diberikan kepercayaan memimpin perguruan tinggi siber pertama di Indonesia.

“Saya berharap Asian Cyber University dapat memberikan kesempatan bagi anak muda yang ingin belajar tanpa terhalang oleh jarak, waktu, dan kondisi ekonomi. Sekaligus dapat mengembangkan kerja sama negara-negara ASEAN lainnya dalam waktu dekat,” ungkap Jang Youn Cho yang berasal dari Korea Selatan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com