Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Memberdayakan Modul Guna Memastikan Siswa Tidak Tertinggal Pembelajaran

Kompas.com - 29/08/2020, 21:51 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh Prof. Sri Minda Murni | Guru Besar Universitas Negeri Medan

 

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis modul-modul pembelajaran yang bisa digunakan siswa sekolah dasar.

Hal itu sebagai respons terhadap banyaknya peserta didik yang tidak terlayani selama siswa belajar dari rumah (BDR) di masa pandemi Covid-19.

Memberdayakan modul merupakan satu cara yang dinilai paling strategis dalam menjangkau semua anak dengan semua jenis kendala yang dihadapi selama BDR.

Guru seharusnya juga perlu didorong untuk menulis dan memberdayakan modul sesuai konteks peserta didik mereka sendiri.

Memberdayakan modul

Memberdayakan modul juga bermakna bahwa guru mewakilkan kehadiran diri dan suasana belajar mengajar yang biasa ditumbuhkan di dalam kelas ke dalam modul yang dirancang.

Oleh karena itu kesan belajar di bawah pendampingan guru tetap harus diupayakan di dalamnya.

Baca juga: Orangtua, Begini Menciptakan Lingkungan Nyaman bagi Anak Selama BDR

Modul terdiri dari informasi dan latihan yang dirancang untuk digunakan secara mandiri. Kata ‘mandiri’ merupakan kata kunci. Perlu kecermatan memilih dan menyusun materi serta penugasan yang mudah difahami.

Memberdayakan modul tetap harus berorientasi pada pengembangan kompetensi literasi, numerasi, dan karakter. Modul juga diberdayakan untuk merealisasi pembelajaran bermakna, yang berfokus pada life skill serta menggagasi aktivitas belajar yang beragam.

Asesmen yang diberikan terhadap produk belajar berbasis modul sebaiknya bersifat kualitatif sehingga anak mengerti apa yang sudah dan belum dikuasainya dari tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru.

Modul yang memberdayakan

Sumber-sumber belajar yang tersedia seperti buku teks, informasi dari internet, dan video pembelajaran yang tersedia belum mampu membuat anak merasa berdaya.

Mereka pada umumnya tetap memerlukan kehadiran guru dan orang dewasa lain untuk membantu menjelaskannya.

Modul yang memberdayakan, sesuai namanya, adalah modul yang dapat digunakan secara mandiri oleh anak secara aktif dan menyenangkan. Semua informasi yang diperlukan dalam menyelesaikan lembar kerja (LK) sebaiknya disediakan dalam bahasa yang mudah dipahami.

Hal ini akan menumbuhkan rasa berdaya di dalam diri. Perasaan berdaya dan bangga akan kemampuannya ini sangat penting untuk mengembangkan sikap belajar mandiri.

Modul memberdayakan terbaik adalah modul buatan guru sebab mereka lah yang paling memahami konteks peserta didik mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com