Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Jalur Mandiri ITS Terakhir Besok, Ini Link dan Syarat Daftar

Kompas.com - 24/08/2020, 10:43 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih membuka pendaftaran jalur mandiri yang diberi nama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) hingga Selasa 25 Agustus 2020.

Bagi kamu calon mahasiswa yang ingin mencoba SKM ITS, pendaftaran masih bisa dilakukan hari ini dengan syarat menggunakan nilai UTBK, nilai rapor dan prestasi lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Program SKM ITS terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri.

Kasubdit Admisi ITS Unggul Wasiwitono menjelaskan, program kemitraan dan mandiri sebenarnya merupakan dua jalur yang berbeda. Sebab, program mandiri diperuntukkan bagi seluruh siswa dari masyarakat umum yang berminat.

Baca juga: ITS Luncurkan iCar, Mobil Listrik Otonom Tanpa Pengemudi

Sedangkan, program kemitraan hanya diperuntukkan bagi siswa utusan instansi mitra yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS.

“Namun, untuk berkas nilai yang dilampirkan calon peserta tetap sama antara kedua program tersebut,” jelas Unggul seperti dilansir dari laman ITS.

Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Agustus 2020 dan calon mahasiswa dapat melakukan daftar ulang pada tanggal 31 Agustus hingga 3 September 2020.

“Jadwal TKA SKM dilaksanakan pada tanggal 4, 5, 6, 18, dan 19 Agustus 2020, untuk IUP pada 24 Agustus 2020,” terangnya.

Baca juga: 10 Prodi Saintek dan Soshum dengan Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020

Ketentuan pendaftaran

1. Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program SKM-ITS dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020.

2. Seleksi SKM ITS yang masih dibuka akan didasarkan pada nilai UTBK Tahun 2020, nilai rapor, deskripsi diri dan prestasi lainnya.

3. Khusus peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah Portofolio.

4. Bagi pendaftar yang akan mendaftar melalui Seleksi Kemitraan, selain persyaratan di atas, juga berlaku ketentuan sebagai berikut:

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

  • Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS. Daftar mitra ITS adalah mitra yang telah melakukan kerja sama dengan ITS yang ditandai dengan adanya MoU dan MoA antara mitra dengan ITS.
  • Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait, selanjutnya instansi tersebut diwajibkan mengirimkan rekap calon peserta SKM yang direkomendasikan.
  • Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam "Daftar peserta yang direkomendasikan instansi mitra ITS" tidak dianggap sebagai peserta Program Kemitraan.

Persyaratan lengkap, informasi pendaftaran, biaya pendidikan dan pendaftaran dapat dilihat melalui laman https://smits.its.ac.id/sarjana/#skm 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com