Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penyebaran Corona, WeKiddo Siap Dukung Ujian Sekolah Online

Kompas.com - 04/04/2020, 21:47 WIB
Kurniasih Budi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menetapkan Ujian Nasional (UN) yang biasanya dilakukan pada akhir tahun ajaran akan ditiadakan.

Perubahan itu disebabkan adanya pandemi wabah corona virus disease (Covid-19) yang menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menjelaskan, sekolah bisa mengambil beberapa opsi sebagai sistem penilaian pengganti UN.

Nadiem juga menyatakan, UN kini sudah tak lagi menjadi syarat kelulusan.

Mendikbud Nadiem Makarim saat berbicara di panggung Indonesia Digital Economy Summit 2020, Jakarta, Kamis (27/2/2020). KOMPAS.com/ BILL CLINTEN Mendikbud Nadiem Makarim saat berbicara di panggung Indonesia Digital Economy Summit 2020, Jakarta, Kamis (27/2/2020).
Salah satu opsi yang dipaparkan Mendikbud Nadiem yakni penilaian kelulusan didasarkan pada ujian sekolah yang digelar masing-masing sekolah. Ujian itu nantinya dilaksanakan secara online.

"Pertama, ujian sekolah itu masih bisa dilakukan oleh masing-masing sekolah, ujian kelulusan sekolah. Tapi tidak diperkenankan tatap muka. Ujian sekolah bisa lewat online", kata Nadiem dalam konferensi pers melalui teleconference usai rapat bersama Jokowi, Jumat (3/4/2020).

Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tersebut mendapat dukungan dari perusahaan penyedia aplikasi digital, PT WeKiddo Digital Indonesia.

CEO PT WeKiddo Digital Indonesia, Ferry Irawan, berpendapat kebijakan pemerintah tersebut adalah keputusan yang tepat di tengah pandemi Covid-19.

Aplikasi Wekiddo SMK BISA.DOK.Disdik DKI Jakarta Aplikasi Wekiddo SMK BISA.
"Karena keputusan tersebut tentunya sudah disepakati untuk menghadapi dan meminimalisir penyebaran dan dampak dari pandemi covid 19 ini. Sebagai rakyat Indonesia tentunya kami mengikuti keputusan pemerintah yang merupakan hasil terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia," ujar dia.

Ia menjelaskan, anak dapat tetap berada di rumah dalam pengawasan orangtua meski ujian digelar di tengah pandemi virus corona.

Dengan demikian, ujian online itu dapat mempermudah pelaksanaan ujian nasional.

Para orang tua, ia melanjutkan, harus mengawasi anak saat ujian online berlangsung.

Ilustrasi. Orangtua mendampingi anak belajar.DOK. EDUTORE Ilustrasi. Orangtua mendampingi anak belajar.
"Hal ini untuk memastikan anak mengerjakan ujian online dengan baik," kata mahasiswa Universitas Bina Nusantara itu.

Berangkat dari kebutuhan itu, imbuh dia, WeKiddo siap menjadi sarana apabila ujian online harus dilaksanakan.

Kontribusi untuk dunia pendidikan

Ia berharap, WeKiddo dapat berkontribusi untuk dunia pendidikan agar semakin berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com