6 Penyebab Rambut Rontok Parah, Bisa Akibatkan Kebotakan

Kompas.com - 29/05/2022, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Rambut yang rontok adalah hal yang normal, namun dengan batasan kurang dari 100 helai rambut rontok per hari.

Jika Anda mendapati rambut rontok parah setiap hari, dengan jumlah rambut yang terus bertambah, hal ini harus diwaspadai akan terjadinya penipisan rambut atau kebotakan.

Penyebab rambut rontok parah

Penyebab rontok parah antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kekurangan nutrisi

Penelitian menunjukkan bahwa kerontokan rambut memiliki hubungan dengan kekurangan zinc dan zat besi. Beberapa vitamin lainnya juga diyakini berpengaruh pada kekuatan rambut adalah biotin, vitamin D, B, C, dan A.

Penyebab rambut rontok parah sangat beragam. Bahkan gangguan kulit kepala dan penyakit kulit juga bisa memicu kerontokan.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika rambut rontok Anda sudah berlebihan. Hal ini akan mencegah kondisi yang lebih parah atau kebotakan.

Baca juga: Kenapa Rambut Rontok Parah Setiap Hari?

2. Perubahan hormon

Salah satu perubahan hormon yang paling sering menyebabkan rambut rontok adalah rambut rontok setelah melahirkan.

Hal ini disebabkan karena tubuh sedang beradaptasi dan dalam kondisi ketidakseimbangan hormon setelah melahirkan atau dalam kondisi pra menopause.

3. Androgenetic alopecia

Androgenetic alopecia adalah kebotakan yang paling banyak terjadi pada pria dan wanita. Kondisi ini ditandai dengan pola yang khas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.