7 Manfaat Kentut, dari Meredakan Sakit Perut hingga Meningkatkan Kesehatan Usus

Kompas.com - 29/05/2022, 11:42 WIB

KOMPAS.com - Semua orang pernah melakukan kentut atau buang angin. Aktivitas ini bagi sebagian orang mungkin terasa memalukan, apalagi jika dilakukan di tempat umum atau keramaian.

Meski begitu, secara ilmiah, kentut ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Healthline, kentut adalah produk sampingan dari sistem pencernaan yang bekerja.

Kentut diproduksi karena gas yang masuk ke dalam tubuh saat kita makan dan yang terbentuk di usus saat makanan dicerna, dikutip dari Medicine Net. Lalu apa yang menyebabkan kentut mengeluarkan bau tidak sedap?

Baca juga: Kenali Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Penyebabnya adalah karbohidrat tertentu yang kita konsumsi tidak sepenuhnya dicerna oleh enzim di lambung dan usus. Sisa dari karbohidrat itulah yang kemudian dicerna oleh bakteri di usus.

Dalam proses pencernaan oleh bakteri usus itu menghasilkan gas, yang mengandung hidrogen sulfida dan amonia. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kentut bisa mengeluarkan bau tidak sedap.

Manfaat kentut bagi kesehatan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kentut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama hal yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Berikut adalah manfaat kentut bagi kesehatan.

1. Tanda Anda mengkonsumsi makanan seimbang

Kentut ternyata bisa menjadi tanda bahwa Anda telah mengonsumsi makanan seimbang. Indikatornya adalah makanan yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian akan menghasilkan gas dalam proses pencernaan.

Jika Anda hanya makan karbohidrat sederhana, Anda mungkin tidak akan menghasilkan banyak gas. Namun, itu tidak sehat. Makan makanan bergizi seimbang yang lebih sehat untuk tubuh, khususnya untuk usus.

2. Meredakan sakit perut

Dikutip dari Healthline, ketika makan, minum, mengunyah, menelan, dan mencerna makanan, gas akan terkumpul di saluran pencernaan.

Saat pencernaan Anda telah menghasilkan banyak gas, itu akan menyebabkan sakit perut dan ketidaknyamanan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.