10 Negara dengan Pendengar Podcast Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor 2

Kompas.com - 21/05/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Podcast atau platform konten siaran berbasis audio kini semakin digemari. Tidak sedikit pembuat konten yang mulai merilis podcastnya sendiri.

Biasanya, podcast berisi dengan obrolan antara dua orang atau lebih. Hal yang membuat podcast menarik adalah beragamnya topik yang disajikan di dalamnya. Mulai dari kehidupan sehari-hari, musik, olahraga, dan masih banyak lagi.

Banyaknya jumlah pendengar podcast ini bisa dilihat dari laporan terbaru yang dirilis oleh agensi marketing We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuite. Keduanya merilis laporan bertajuk “Digital 2022: April Global Statshot Report".

Baca juga: Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Secara umum laporan tersebut menyajikan informasi tentang tren dan lanskap digital dan internet global untuk tahun 2022, termasuk podcast.

Dari laporan tersebut Brazil menjadi negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia. Rinciannya adalah 39 persen pengguna internet Brazil yang berusia 16 hingga 64 tahun rajin mendengarkan podcast setiap minggunya.

Di urutan kedua negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia ada Indonesia. Menurut laporan tersebut, sekitar pengguna 35,2 persen pengguna internet Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun rajin mendengarkan podcast setiap minggunya.

Tak hanya itu, Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang masuk dalam daftar 10 negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia.

10 negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia

Melansir laporan We Are Social dan Hootsuite, berikut ini adalah daftar 10 negara dengan pendengar podcast terbanyak di dunia

  1. Brazil - 39 persen
  2. Indonesia - 35,2 persen
  3. Mexico - 34,3 persen
  4. Swedia - 27,6 persen
  5. Irlandia - 27,4 persen
  6. Afrika Selatan - 25,7 persen
  7. Amerika Serikat - 24,1 persen
  8. Portugal - 23,1 persen
  9. Polandia - 22,5 persen
  10. Spanyol - 22,2 persen

Baca juga: Facebook Setop Layanan Podcast Bulan Depan

Riset We Are Social dan Hootsuite yang diambil dari Gwi.com terkait jumlah pendengar podcast di seluruh dunia.DataReportal Riset We Are Social dan Hootsuite yang diambil dari Gwi.com terkait jumlah pendengar podcast di seluruh dunia.

Jumlah pendengar podcast di Indonesia

Laporan di atas memang tidak secara rinci menjabarkan jumlah pendengar podcast di setiap negara. Namun, dalam hasil laporan terpisah yang juga dirilis oleh kedua lembaga tersebut, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta per Januari 2022.

Laporan tersebut dirilis dengan judul “Digital 2022 Indonesia”. Angka 204,7 juta tersebut merupakan 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang diklaim mencapai 277,7 juta jiwa, di mana lebih dari 75 persennya (lebih dari 208 juta jiwa) berusia 16 hingga 64 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.