Pendaftaran STAN 2022 Tinggal Seminggu, Cek Syarat, Biaya, dan Alurnya

Kompas.com - 23/04/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui pendaftaran sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) 2022.

Pendaftaran STAN tergolong tinggi peminat lantaran sekolah kedinasan favorit yang bebas biaya pendidikan dan lulusannya dapat langsung bekerja.

Lulusan dari PKN STAN yang memenuhi syarat berkesempatan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan bekerja di Kemenkeu atau lembaga negara terkait yang membutuhkan.

Dikutip dari pengumuman Nomor PENG-59/PKN/2022, jumlah mahasiswa yang akan diterima dalam pendaftaran STAN tahun akademik 2022 ini total sebanyak 750 orang.

Dari jumlah yang akan diterima dari pendaftaran STAN 2022, sebanyak 700 orang dari jalur reguler dan sisanya jalur afirmasi untuk pendaftar asal Indonesia timur, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT.

Baca juga: Cara Daftar PKN STAN 2022 Lewat Online, Simak Syarat dan Biaya Pendaftarannya

Pendaftaran STAN 2022 dibuka untuk tiga jurusan yaitu D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Manajemen Keuangan Negara, dan D4 Manajemen Aset Publik.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) menyebutkan bagi calon mahasiswa yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2022 diminta agar dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022.

Calon mahasiswa UTBK dapat memilih kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum).

Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2022 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK, namun pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2022 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2022.

Baca juga: Syarat dan Alur Pendaftaran STIN, Sekolah Kedinasan di Bawah BIN

Syarat pendaftaran STAN 2022

  • Lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  • Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau Calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  • Usia maksimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2001 tidak diperkenankan untuk mendaftar.
  • Usia minimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 15 tahun.
  • Telah mendaftar pada portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2022.
  • Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.
  • Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  • Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  • Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  • Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.
  • Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Berapa Batas Usia Daftar Sekolah Kedinasan 2022? Simak Infonya

Syarat pendaftaran STAN 2022 afirmasi Papua

Sementara itu, khusus Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dalam pendaftaran STAN 2022 ditambahkan syarat sebagai berikut:

  • Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat
  • Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur
  • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur
  • Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur
  • Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat

Baca juga: Buka Laman Dikdin.go.id, Cara Daftar dan Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2022

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.