Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi Sebut "Crazy Rich" Grobogan Joko Suranto Layak Diberi Diskon Pajak

Kompas.com - 23/04/2022, 08:04 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi bertemu Joko Suranto, pengusaha viral yang membangun jalan sepanjang 1,8 kilometer dari uang pribadi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dedi Mulyadi bertemu dengan pria yang kini berjuluk Crazy Rich Grobogan itu di Buana Kassiti Building, Jalan Cilaki, Kota Bandung, Kamis (21/4/20222).

Bagi Dedi, pertemuan dengan Joko Suranto bukanlah yang pertama. Keduanya telah lama saling kenal sebelum viral seperti saat ini.

Baca juga: Motivasi Joko Suranto Bangun Jalan di Grobogan dengan Dana Pribadi Rp 2,8 Miliar

Dalam pertemuan tersebut, Joko menceritakan jalan yang kini viral adalah satu ruas jalan kabupaten yang melintasi daerah Telawah, Jetis dan Nampu. Jalan senilai Rp 2,8 miliar itu dibangun sepanjang 1,8 km.

“Niatnya sebagai amal jariyah bagian berbuat baik untuk membahagiakan kawan kecil dan menjaga nama baik orang tua,” ucap Joko dikonfirmasi Kompas.com, Kamis.

Tidak hanya di kampung halamannya, jauh sebelum viral seperti saat ini Joko juga beberapa kali membuat pengecoran jalan seperti di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang.

Terkait jalan di Grobogan, Joko mengaku tidak tahu alasan mengapa hingga kini tidak diperbaiki, apakah menunggu giliran atau ada unsur kepentingan lain. Sehingga ia berinisiatif memperbaikinya sendiri.

“Saya melihatnya ini adalah kesempatan saya beramal jariyah, membahagiakan sahabat-sahabat saya di sana dan orang tua,” katanya.

Bagi Joko untuk melakukan pembangunan dan berbuat baik tidak perlu menjadi pejabat. Sebab semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bersama-sama membangun. “Jangan takut harta habis karena berbagi,” ucap Joko.

Joko sendiri memang lahir dan besar di Grobogan. Ia kemudian mulai merintis usaha pada 2008 di bidang properti dengan nama Buana Kassiti Group. Saat ini perusahaannya sudah memiliki bisnis hotel, finance dan sekitar 24 proyek properti di berbagai daerah.

Saat ini ia tinggal dan lebih banyak berkegiatan di Kota Bandung dan memilih berkantor di di Buana Kassiti Building, Jalan Cilaki, Kota Bandung.

Baca juga: Menyesal Tak dari Dulu Perbaiki Jalan Kampung, Joko Suranto: Walau Terlambat, Syukur

Sementara itu Kang Dedi Mulyadi mengapresiasi apa yang dilakukan Joko Suranto untuk membangun tanah kelahirannya. Ia menilai pengusaha seperti Joko juga harus mendapat apresiasi dari pemerintah.

“Apresiasi itu bukan dalam bentuk sertifikat atau sejenisnya, melainkan dengan memberikan keringanan pajak atau diskon pajak dalam setiap proyek pembangunan. Terutama pembangunan jalan yang diambil dari uang sendiri alias sumbangan,” ucap Kang Dedi Mulyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com