Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Gorengan Renyah, Awet, dan Tidak Berminyak

Kompas.com - 09/04/2022, 22:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Gorengan renyah, awet, dan tidak berminyak tentu menjadi makanan favorit banyak orang di Indonesia.

Oleh sebab itu, banyak orang ingin mengetahui cara membuat gorengan renyah, awet, dan tidak berminyak, seperti yang banyak dijual oleh pedagang gorengan di pinggir jalan.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar gorengan yang dibuat memiliki tekstur renyah, tahan lama, dan tidak berminyak.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (4/4/2022), berikut ini 5 cara membuat gorengan renyah, awet, dan tidak berminyak, dikutip dari "Buku Seri Wirausaha Kuliner - Paduan Berbisnis Snack Crispy ala Kaki Lima" (2013) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

1. Pilihan tepung

Tepung sangat berpengaruh dalam proses pembuatan gorengan yang renyah, awet, dan tidak berminyak. Pastikan tepung yang dipilih memiliki kualitas yang baik, serta takaran dan jenis yang sesuai.

Baca juga: 5 Makanan yang Baik untuk Mengatasi Rambut Rontok, Apa Saja?

Biasanya, tepung yang digunakan untuk membuat gorengan adalah tepung terigu. Akan tetapi, jika ingin menghasilkan gorengan yang krispi, tambahkan sedikit tepung beras.

2. Tiriskan bahan

Bahan baku yang terlalu berair dapat membuat gorengan menjadi lembek. Oleh sebab itu, pastikan bahan yang digunakan, seperti sayuran, telah ditiriskan atau dikeringkan terlebih dahulu.

Dengan begitu, permukaan adonan tidak gosong, sedangkan bagian dalamnya masih basah saat digoreng.

3. Proses penggorengan

Gorengan yang renyah dan tahan lama sangat ditentukan oleh proses penggorengan. Pastikan, gunakan minyak yang cukup banyak hingga seluruh bagian adonan terendam saat digoreng.

Sementara itu, jika ingin menghasilkan gorengan yang tidak berminyak, gunakan minyak padat dengan perbandingan 6:1.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sahur Agar Kenyang Lebih Lama dan Tak Cepat Lapar

Selain itu, pastikan minyak telah panas sebelum memasukkan adonan ke dalam wajan agar gorengan tidak lembek akibat menyerap terlalu banyak minyak.

4. Gunakan api sedang

Gunakan api sedang saat menggoreng agar adonan dapat matang merata. Penggunaan api besar dapat membuat gorengan cepat gosong, sedangkan menggoreng dengan api kecil akan membuat gorengan tidak renyah dan berminyak.

5. Tambahkan bahan perenyah

Menambahkan bahan perenyah juga bisa menjadi solusi untuk membuat gorengan renyah dan tahan lama.

Ada beberapa bahan perenyah yang bisa dipilih, yakni baking soda, tepung beras, telur, atau air kapur sirih.

Selain itu, gunakan air es saat mengencerkan adonan tepung, sebab air es bisa membantu gorengan bertekstur renyah dan tahan lama.

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Paduan Berbisnis Snack Crispy ala Kaki Lima" (2013) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

(Penulis: Lea Lyliana)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com