Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membasmi Laron di Rumah Secara Efektif

Kompas.com - 26/03/2022, 21:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Laron adalah jenis serangga yang kerap muncul di musim penghujan. Biasanya, hewan ini akan terbang berkelompok di dekat cahaya lampu.

Laron disebut sebagai hewan yang tidak memiliki usia panjang. Serangga ini akan mulai mati pada pagi hari, karena cahaya matahari dapat membuat laron kehilangan kelembapan tubuhnya.

Saat sekelompok laron mati, sisa sayap dan tubuhnya pun akan berserakan di rumah. Pemilik rumah pun harus meluangkan waktu dan tenaga untuk membersihkannya.

Meski belum ada penelitian yang menyebutkan bahaya laron bagi manusia, namun masih banyak orang yang tidak menyukai kehadiran laron di rumahnya.

Oleh sebab itu, sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (22/3/2022), berikut ini cara membasmi laron di rumah secara efektif:

Baca juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk dari Kamar Mandi

1. Jebakan air

Buatlah jebakan air untuk menjebak dan mengurangi jumlah laron. Caranya, siapkan baskom atau wadah besar berisi air secukupnya. Letakkan wadah di bawah sinar lampu. Nantinya, sejumlah laron akan terjebak di dalam wadah berisi air.

2. Menyalakan lilin

Salah satu cara lain mengusir laron adalah dengan menyalakan lilin. Caranya, siapkan lilin dan wadah semacam baskom yang berisi air. Matikan lampu dan nyalakan lilin, kemudian laron akan mengerubungi lilin dan jatuh ke dalam baskom berisi air.

3. Menyalakan lampu anti serangga

Nyalakan lampu anti-serangga jika memang memilikinya. Lampu anti-serangga mempunyai cahaya ultraviolet yang berbahaya bagi banyak serangga.

Laron yang mendatangi cahaya lampu dan akan terkena tegangan listrik hingga akhirnya mati di tempat.

4. Gunakan cabai

Cabai merah juga bisa membasmi laron di rumah. Caranya, gantungkan cabai merah yang sudah diiris atau dibagi dua di dekat lampu.

Baca juga: Benarkah Garam Bisa Digunakan Untuk Mengusir Ular?

Panas cahaya lampu akan membantu cabai melepaskan ekstrak dan aroma yang tidak disukai laron.

5. Semprot laron dengan pembasmi serangga

Cara mudah untuk membasmi laron adalah dengan menggunakan semprotan pembasmi serangga yang biasa digunakan untuk membunuh nyamuk atau kecoak.

Racun yang terkandung dalam cairan pembasmi serangga akan membuat laron mati.

(Penulis: Retia Kartika Dewi | Editor: Rizal Setyo Nugroho)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com