Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Ikan yang Bisa Bantu Kurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kompas.com - 12/03/2022, 17:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa jenis makanan laut, seperti lobster, tiram, dan kepiting, memang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Akan tetapi, hal itu tidak berlaku bagi ikan. Hampir semua jenis ikan mengandung omega 3 dan rendah lemak jenuh, sehingga risiko peningkatan kolesterol pada orang yang mengonsumsinya cukup rendah.

Ikan justru disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan ikan juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Medical News Today melalui KOMPAS.com, orang yang memiliki kolesterol tinggi atau sedang menjaga kadar kolesterol dianjurkan untuk menambahkan ikan ke dalam menu makannya.

Bahkan, American Health Association menyarankan agar masyarakat mengonsumsi setidaknya 220 gram ikan per minggu untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Meski begitu, pastikan ikan yang dikonsumsi memang cocok untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan tidak mengandung merkuri.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (6/3/2022), berikut ini jenis ikan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Ikan salmon

Salah satu jenis ikan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah salmon. Ada banyak cara sehat untuk mengolah salmon, yaitu direbus dalam suhu rendah, dibakar langsung di atas api, atau dipanggang di dalam oven menggunakan aluminium foil.

2. Ikan trout

Jenis ikan selanjutnya yang juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah ikan trout. Ikan trout dapat dibakar atau direbus dengan kaldu ayam atau sayur. Ikan trout juga dapat dijadikan salad atau pai ikan.

3. Ikan sarden

Ikan sarden juga disebut sebagai salah satu jenis ikan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi ikan sarden yang segar.

Baca juga: Benarkah Telur Puyuh Tinggi Kolesterol dan Berbahaya bagi Tubuh?

4. Ikan lele

Selain harganya yang murah dan mudah ditemukan, ikan lele juga mengandung omega 3 dan rendah kalori yang cocok untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

(Penulis: Giovani Cornelia | Editor: Resa Eka Ayu Sartika)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com