Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Hasil Tes Covid-19 Bisa Berbeda-beda dalam Sehari

Kompas.com - 12/02/2022, 07:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Belum lama ini aktris Atiqah Hasiholan membagikan pengalamannya yang mendapat hasil tes Covid-19 berbeda pada hari yang sama. Tes itu ia lakukan di tiga tempat berbeda.

Aktris pemeran film “Mantan Manten” itu membagikan pengalamannya tersebut melalui unggahan Instagram Stories miliknya.

Ia menyebut tiga kali tes Covid-19 yang dilakukan dalam waktu sehari, hasilnya tidak sama persis, yakni hasil tes PCR pertama positif, kemudian tes antigen negatif, lalu terakhir tes PCR kedua, hasilnya juga negatif.

Hasil tes Covid berbeda-beda hanya dalam sehari ini kemudian menimbulkan pertanyaan. Mengapa tes swab Covid-19 baik itu PCR maupun antigen hasilnya bisa berbeda-beda walaupun dilakukan dalam satu hari yang sama?

Baca juga: Atiqah Hasiholan Dapat 3 Hasil Tes PCR Berbeda dalam Sehari, Kok Bisa? Ini Kata Ahli

Apa itu tes antigen dan PCR?

Saat ini untuk mengetahui apakah kita positif terpapar Covid-19 adalah dengan melakukan tes antigen dan PCR. Tes antigen Covid-19 adalah metode pemeriksaan untuk mendeteksi ada tidaknya protein spesifik dari virus SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab dari Covid-19.

Sedangkan tes Covid-19 PCR adalah metode pemeriksaan virus SARS CoV-2 dengan mendeteksi material genetik (DNA) virus.

Keduanya sama-sama dilakukan dengan menggunakan teknik usap atau swab, caranya dengan mengambil cairan tubuh yang paling banyak mengandung virus, yakni menggunakan alat usap melalui hidung atau tenggorokan.

Dibandingkan tes antigen, tes PCR hingga kini masih digunakan sebagai acuan akurat atau standar emas untuk pemeriksaan Covid-19.

Baca juga: Perbedaan Swab Antigen dan PCR dalam Tes Covid-19

Petugas kesehatan mengambil sampel swab guru SMPN 10 Solo yang kontak petugas keamanan positif Covid-19 di halaman SMPN 4 Solo, Jawa Tengah, Jumat (4/2/2022).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Petugas kesehatan mengambil sampel swab guru SMPN 10 Solo yang kontak petugas keamanan positif Covid-19 di halaman SMPN 4 Solo, Jawa Tengah, Jumat (4/2/2022).

Penyebab tes Covid-19 bisa berbeda-beda dalam sehari

Terkait penyebab hasil tes Covid-19 bisa berbeda dalam sehari ini, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Tjandra Yoga Aditama memberi penjelasan.

Ia mengatakan, setidaknya ada empat faktor yang memengaruhi hasil tes COVID-19 bisa berbeda-beda dalam sehari. Faktor tersebut yakni:

  • Jumlah virus yang ada pada pasien ketika pengambilan sampel
  • Proses pengambilan sampel
  • Transportasi sampel dari tempat pengambilan ke tempat pemeriksaan
  • Proses pemeriksaan di laboratorium

"Baik aspek teknik laboratorik maupun proses administrasi pencatatan dan pelaporan hasil (dapat memengaruhi hasil tes),” jelas Tjandra, seperti dilansir dari Antara, Rabu (9/2/2022).

Tak jauh berbeda dengan Tjandra, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur dr. Muhammad Irhamsyah, Sp.PK, M.Kes, kepada Kompas.com (3/12/2020), juga menyebut ada banyak faktor yang memengaruhi hasil tes Covid-19 dalam waktu berdekatan bisa berbeda.

Baca juga: Kenapa Hasil Tes Covid-19 dalam Sehari Bisa Berbeda? Ini Kata Ahli...

Menurutnya, beberapa faktor yang bisa memengaruhi hasi tes usap Covid-19 di antaranya:

  • Jenis sampel
  • Ketepatan teknik pengambilan sampel
  • Penanganan atau penyimpanan sampel
  • Transportasi sampel ke laboratorium
  • Sumber daya manusia yang melakukan analisis
  • Prinsip tes alat deteksi
  • Kualitas alat
  • Standar prosedur operasional yang sesuai dan tepat

Sementara itu menurut ahli biologi molekuler Indonesia, Ahmad Utomo, di antara banyaknya faktor yang memengaruhi perbedaan hasil tes Covid-19, salah satunya adalah kondisi virus dalam tubuh orang-orang tersebut.

"Banyak faktor sebenarnya, salah satunya jumlah partikel virus yang ada, kalau sedikit ya bisa jadi tidak konsisten," kata Ahmad kepada Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com