Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru Diperkirakan Terjadi 2 Januari 2022

Kompas.com - 01/01/2022, 06:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada Minggu (2/1/2022). Hal itu disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi.

Firman menuturkan, masyarakat yang bepergian ke luar kota di libur Tahun Baru ini diperkirakan akan mulai kembali pada Minggu (2/1/2022).

“Kemudian hari Sabtu dan Minggu itu yang kemarin pergi diprediksikan juga pulang karena Seninnya akan masuk kerja dan sebagainya,” kata Firman seperti dikutip dari siaran Kompas TV, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: H-2 Tahun Baru, 166.200 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Lewat Tol

Untuk mengantisipasi potensi kemacetan di puncak arus balik, Firman memastikan jajarannya akan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Kita mempersiapkan sedemikian rupa cara bertindak cara bertindak untuk mengantisipasi kepadatan,” ujar dia.

Selain itu lanjut Firman, berdasarkan data kepadatan jalan di Simpang Gadog sampai Jumat (31/12/2021) sore masih dalam batas normal.

Menurutnya, arus lalu lintas memang mengalami peningkatan dari hari sebelumnya, namun peningkatan itu tidak signifikan.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman ShantyabudiFoto: Instagram NTMC Polri Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi

Baca juga: Kakorlantas Prediksi Puncak Arus Balik 2 Januari 2022

“Alhamdulillah kerja sama masyarakat sampai hari ini, dari data yang kita lihat di posko tidak terlalu menunjukkan signifikan. Ada peningkatan di hari-hari sebelumnya tapi masih dalam batas normal,” ungkapnya.

Sebelumnya Plt Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto juga menyampaikan, sudah ada rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan guna mengantisipasi adanya kepadatan arus balik di jalan.

Secara khusus ia mengatakan ini akan dilakukan di kawasan Tol Cikampek dan wilayah ganjil genap kawasan wisata yang sudah ditentukan.

“Rekayasa yang dilakukan berupa contra flow di KM 45 sampai KM 65 ke arah timur (ke luar Jakarta) dan KM 61 ke 47 ke arah barat (ke dalam Jakarta) Tol Cikampek, dan penerapan ganjil genap pada kawasan wisata,” kata Dodi kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Malam Tahun Baru di Puncak Bogor, Pengendara Motor Masih Nekat Lawan Pengalihan Arus Lalu Lintas

Dodi juga mengatakan, petugas kepolisian akan mengantisipasi terhadap masyarakat yang pulang tanggal 3 Januari 2022.

“Bila dibutuhkan (diterapkan contra flow) bila tidak ada kepadatan ya tidak dilakukan,” ucapnya.

(Sumber:Kompas.com/Rahel Narda Chaterine | Editor : Krisiandi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com