Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Ungkap Pembicaraannya dengan Jeff Bezos saat Hadiri COP26

Kompas.com - 06/11/2021, 17:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Keuangan Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani baru saja menghadiri Conference of the Parties (COP) ke-26 di Glasgow, Skotlandia, yang membahas tentang perubahan iklim.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (2/11/2021), di sela-sela acara tersebut, Sri Mulyani bertemu dengan pendiri sekaligus Executive Chairman Amazon, Jeff Bezos.

Melalui akun Instagram resmi Sri Mulyani (@smindrawati), ia mengungkapkan secara singkat pembicaraannya bersama Bezos di ruang sekretariat Indonesia pada acara COP26 tersebut.

"Mewakili Presiden - menerima @jeffbezos Executive Chairman Amazon, membahas mengenai arah invetasi di Indonesia di bidang renewable Energy dan manufaktur solar," tulis Sri Mulyani dalam unggahannya di akun Instagram @smindrawati.

Sri Mulyani mengatakan, Indonesia mempunyai sejumlah potensi sumber daya terbarukan. Menurutnya, ini akan memiliki peran penting dalam mengurangi emisi karbon dan efek rumah kaca sehingga bencana akibat perubahan iklim dapat dihindari.

Baca juga: Penjelasan Stafsus Sri Mulyani soal Utang Tersembunyi ke China Rp 245,3 T

Sri Mulyani menegaskan bahwa komitmen untuk menciptakan lingkungan menjadi bersih tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah.

"Peranan swasta dalam negeri dan global sangat penting dalam keberhasilan upaya tersebut," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga mengatakan, pemerintah akan selalu memperhatikan kelestarian lingkungan dan dampak dari perubahan iklim, sejalan dengan penyusunan pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahtaraan masyarakat Indonesia.

Meski demikian, Sri Mulyani tidak mengungkapkan apa yang dikatakan Bezos saat bertemu dengannya.

Terkait perubahan iklim, Bezos pun telah mendirikan Bezos Earth Fund senilai 10 miliar dollar AS (sekitar Rp 142 triliun) sebagai upaya mengatasi perubahan kondisi alam tersebut.

Dalam gelaran COP26, Bezos Earth Fund bergabung bersama beberapa organisasi non-profit lainnya, seperti Ikea dan Rockefeller, untuk berkomitmen dalam memasok energi baru terbarukan di wilayah Asia, Afrika, serta Amerika Latin.

Baca juga: Daftar 5 Orang Terkaya di Dunia 2021, Elon Musk Geser Jeff Bezos

"Komitmen kami hari ini mendukung tiga pilar yang harus dijalankan, yaitu kita harus melestarikan apa yang kita punya, memulihkan apa yang sudah hilang, dan mengembangkan apa yang kita butuhkan secara harmoni dengan alam," ujar Bezos, sebagaimana dilansir Financial Times melalui Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

(Penulis: Bill Clinten | Editor: Yudha Pratomo)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com