Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 06/11/2021, 09:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Gagal jantung terjadi tanpa mengenal usia. Baik di usia muda maupun tua, gagal jantung bisa dialami siapa saja.

Gagal jantung merupakan kondisi saat otot jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya atau seperti kondisi normal.

Terdapat sejumlah faktor yang bisa bisa meningkatkan risiko terkena gagal jantung. Misalnya gaya hidup tidak sehat, adanya penyakit tertentu, hingga sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Cara Cegah Gagal Jantung bagi Anak Muda Usia 20an

Penyebab gagal jantung di usia muda

Melansir Kompas.com, Kamis (4/11/2021), ada berbagai penyebab yang membuat orang di usia muda bisa mengalami gagal jantung.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Dr. dr. Isman Firdaus Sp.JP (K), FIHA, FAPSIC, FasCC, FESC, FACC, penyebab gagal jantung yang paling umum adalah kelainan organ jantung dan penyakit jantung bawaan.

“Sakit jantung pada usia remaja tersering karena kelainan katup jantung (penyakit jantung rematik) dan penyakit jantung bawaan,” kata Isman saat dihubungi Kompas.com.

Sementara itu, lanjut dia, penyakit jantung koroner karena aterosklerosis banyak terjadi pada usia di atas 40 tahun.

“Namun kini mulai bergeser ke usia muda 30-an tahun,” ujar dia.

Baca juga: Gagal Jantung pada Usia Muda, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Mencegahnya?

Mencegah gagal jantung

Untuk mengurangi risiko terkena gagal jantung, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan. Salah satu cara mencegah gagal jantung adalah melakukan pemeriksaan secara berkala.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan polah hidup sehat, seperti olahraga teratur dan kurangi konsumsi makanan yang digoreng.

“Olahraga rutin, hindari rokok, hindari minyak dan gorengan ya,” tutur Isman.

Isman menambahkan, sebagai bentuk pencegahan, Anda bisa melakukan screening awal dengan EKG. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan seperti ekokardiografi apabila sering mengalami mudah lelah, sesak napas, kaki bengkak atau nyeri dada.

Tidak jauh berbeda, Pakar kesehatan jantung dari American Heart Association, Richard Stein, M.D. mengatakan pentingnya menjaga kondisi kesehatan jantung sejak dini untuk menekan risiko mengalami gangguan tersebut.

Richard Stein menuturkan, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan anak muda usia 20-an dalam menjaga kesehatan jantung dan menekan risiko gagal jantung.

Baca juga: Gagal Jantung, Penyebab dan Gejala yang Harus Diketahui

Ilustrasi gagal jantungShutterstock.com Ilustrasi gagal jantung

  • Pemeriksaan kesehatan secara teratur

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur bisa mendeteksi risiko gagal jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com