Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Dapat Membuat Kucing Menjadi Stres

Kompas.com - 24/10/2021, 19:26 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kucing termasuk hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan. Sebagai pemilik, selain merawatnya dengan baik, hal lain yang juga penting untuk dilakukan adalah jangan melakukan hal yang dibenci kucing.

Mungkin banyak yang belum tahu hal apa saja yang tidak disukai kucing. Namun, terlalu sering melakukan hal yang tidak mereka sukai, dapat membuat kucing stres.

Nah jika Anda merupakan pemelihara kucing, penting untuk mengetahui hal-hal yang tidak disukai oleh kucing peliharaan.

Dilansir dari Kompas.com dari My Animals, Kamis (21/10/2021), Berikut adalah tujuh hal yang tidak disukai kucing:

Baca juga: Pemilik Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Dibenci Kucing dan Bisa Bikin Stres

1. Tempat kotoran yang kotor

Jangan sepelekan yang satu ini. Kucing sangat tidak menyukai barang-barang yang digunakannya kotor, salah satunya adalah tempat kotoran. Kucing sangat tahu jika wadah kotorannya kotor.

Wadah atau tempat kotoran yang kotor akan membuat kucing malas membuang kotoran di tempatnya. Kucing akan mulai buang kotoran di luar wadah yang sudah kita sediakan.

Jika itu yang terjadi, tentu Anda yang akan direpotkan karena harus membersihkan kotoran kucing di banyak tempat. Jadi jangan lupa untuk membersihkan wadah kotoran kucing, ya.

2. Diabaikan

Kucing juga bisa stres bila diabaikan pemiliknya. Meski kucing termasuk hewan yang mandiri, bukan berarti kucing suka diabaikan.

Ketika kucing merasa diabaikan, ia bisa pergi berhari-hari tanpa kembali. Kucing bahkan bisa mogok makan. Untuk itu tetaplah memberikan mereka waktu dan juga perhatian.

3. Memori buruk

Kucing memiliki ingatan yang cukup baik. Hewan yang satu ini cukup pandai untuk mengingat kenangan yang tidak menyenangkan. Situasi sulit, seperti kematian hewan peliharaan lain atau anggota keluarga, dapat melukai mereka selamanya.

Kucing juga membutuhkan kasih sayang dalam situasi yang tidak terlalu serius, seperti kunjungan ke dokter hewan atau pindah rumah.

Dalam situasi seperti itu, sangat penting bagi Anda untuk memeluk, menghibur, dan memanjakan kucing kesayangan.

Baca juga: Kucing Suka Tidur di Atas Pakaian Pemiliknya, Ini Alasannya

4. Obat-obatan

Jangan sembarangan untuk mencampurkan pil atau obat-obatan pada makanan kucing. Beberapa kucing bahkan cukup terampil untuk mendeteksi pil yang dicampur dengan cara memuntahkan kembali makanannya.

Sebuah studi telah membuktikan bahwa kucing dapat menahan pil di kerongkongan mereka untuk menghindari menelannya. Faktanya, sebagian besar kasus esofagitis pada kucing disebabkan oleh alasan ini.

5. Belaian kasar

Kucing merupakan hewan yang suka dibelai. Namun, belaian yang tiba-tiba dan kasar sangat tidak disukai oleh kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com