11 Siswa MTs Tewas Saat Susur Sungai, Ridwan Kamil Minta Kegiatan Cinta Alam Dievaluasi

Kompas.com - 16/10/2021, 09:23 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Humas JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta MTs Harapan Baru, Ciamis dan Kementerian Agama Jabar untuk megevaluasi kegiatan cinta alam yang berisiko.

Hal itu menyusul tagedi tewasnya 11 siswa MTs dalam susur sungai bagian dari rangkaian kegiatan Pramuka pada Jumat (15/10/2021).

"Saya sudah minta Bupati Ciamis dan Kemenag Jawa Barat agar betul-betul mengevaluasi kegiatan-kegiatan cinta alam yang beresiko melalui pengetatan standar dan kesalamatan maksimal," kata Ridwan Kamil dalam akun Facebook resminya, Ridwan Kamil.

Baca juga: Lokasi Susur Sungai yang Tewaskan 11 Siswa MTs Harapan Baru Biasa Dijadikan Warga Tempat untuk Memancing

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya 11 siswa MTs Harapan Baru.

"Semua korban sudah ditemukan dan dievakuasi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," katanya.

Sebelumnya, 11 siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat, tewas saat mengikuti kegiatan susur Sungai Cileueur, Jumat lalu.

Detik-detik tragedi susur sungai

Tim SAR gabungan sedang mengevakuasi korban meninggal siswa MTS Harapan Baru Cijantung Ciamis yang meninggal dunia akibat tenggelam terseret arus Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021) malam.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Tim SAR gabungan sedang mengevakuasi korban meninggal siswa MTS Harapan Baru Cijantung Ciamis yang meninggal dunia akibat tenggelam terseret arus Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021) malam.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menceritakan detik-detik 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, tewas tersapu arus Sungai Cileueur, Jumat (15/10/2021).

Herdiat mengatakan, para siswa itu terbawa arus saat susur sungai kegiatan pramuka di lokasi tersebut.

Awalnya, kata Herdiat, air sungai itu relatif tenang ketika para siswa melakukan susur sungai.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.