Detik-detik 11 Siswa MTs di Ciamis Tersapu Arus Sungai hingga Tewas

Kompas.com - 16/10/2021, 07:35 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menceritakan detik-detik 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, tewas tersapu arus Sungai Cileueur, Jumat (15/10/2021).

Herdiat mengatakan, para siswa itu terbawa arus saat susur sungai kegiatan pramuka di lokasi tersebut.

Awalnya, kata Herdiat, air sungai itu relatif tenang ketika para siswa melakukan susur sungai. Namun pada siang harinya, tiba-tiba ada arus kuat dari hulu ke muara sungai hingga menyeret peserta susur sungai. Sebanyak 11 siswa tewas tenggelam.

Baca juga: Tragedi Susur Sungai Ciamis, Air Meluap dari Hulu dan Sapu 11 Siswa MTs Harapan Baru hingga Tewas

Herdiat mengatakan, cerita itu sesuai keterangan para saksi di lokasi kejadian.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai. SAR gabungan menemukan para korban berada di sana, semuanya," kata Herdiat kepada wartawan di lokasi kejadian, Jumat.

Menurut Herdiat, sejumlah guru berusaha menyelamatkan para korban. Namun gagal. Bahkan ada salah guru pingsan ketika beruaha menolong para korban.

"Ada beberapa guru pengajar sekarang ini masih pertolongan setelah mereka berusaha menyelamatkan siswanya, tapi enggak berhasil," katanya.

Herdiat menjelaskan, susur sungai itu merupakan kegiatan rutin siswa MTs Harapan Baru.

Pada Jumat kemarin, peserta susur sungai sebanyak 150 orang dari kelas 7 dan 8. Dari jumlah itu, 139 orang kembali selamat, dan sisanya 11 orang menghilang hingga akhirnya ditemukan dalam keadaan tewas.

Sementara itu, salah seorang pengurus Pondok Pesantren Cijantung Dandeu Rifai menjelaskan, pihaknya menerima kabar ada satu rombongan yang mengalami musibah sat kegiatan susur sungai. Kabar itu diterimanya pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Kronologi Susur Sungai Ciamis yang Diduga Tewaskan 11 Siswa, Berawal dari 21 Orang Terseret Arus

Ia Dandeu kemudian melaporkan kejadian itu ke tim SAR hingga petugas melakukan pencarian. Hasilnya 11 peserta dinyatakan tewas. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha | Editor: David Oliver Purba, Rachmawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.