Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Buah yang Tinggi Gula dan Kalori, Jangan Dimakan Terlalu Banyak

Meski begitu, beberapa jenis buah justru mengandung lebih banyak gula dan kalori yang mana dua zat ini tidak boleh atau tidak disarankan dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, beberapa jenis buah juga dapat menyebabkan efek samping bagi orang dengan masalah kesehatan seperti diabetes dan GERD jika dikonsumsi melebihi batas normal.

Buah yang tinggi gula dan kalori

Beberapa jenis buah berikut ini memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, buah-buah berikut ini kerap disebut sebagai buah paling tidak sehat.

Karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah-buah berikut ini secara berlebihan karena bisa berefek buruk bagi tubuh. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa buah paling tidak sehat.

Buah dengan kandungan gula tertinggi

Beberapa jenis buah, baik segar maupun kering, mengandung gula alami yang tinggi. Jika ingin mengurangi asupan karbohidrat atau gula, konsumsi buah-buahan berikut ini harus dibatasi.

1. Buah kering

Beberapa varietas buah kering yang sering dijumpai adalah apel, kismis, aprikot, buah ara, mangga, nanas, dan cranberry. Ketimbang buah segar, buah kering memiliki lebih banyak kandungan kalori, karbohidrat, dan gula.

Itu artinya saat kita mengonsumsi segenggam buah kering, kalori yang diterima tubuh lebih banyak daripada ketika kita makan buah segar meski dalam jumlah yang sama.

Karena kandungan gula yang lebih tinggi dalam buah kering (bahkan tanpa tambahan gula), sebaiknya buah kering dikonsumsi dalam jumlah sedang, terutama jika ingin mengurangi asupan gula.

2. Leci

Leci adalah buah yang mengandung banyak mikronutrien utama, termasuk vitamin C, tembaga, dan kalium. Meski begitu, kandungan gula pada leci tidak bisa dibilang rendah.

Konsumsi leci bisa menjadi masalah bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat atau rendah gula. Adapun sebanyak 190 gram leci mentah mengandung 125 kalori dan 29 gram gula.

3. Mangga

Mangga sangat populer karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut . Mangga juga kaya dengan berbagai nutrisi, seperti vitamin C, folat, dan tembaga.

Namun, di sisi lain, mangga juga mengandung gula alami dalam jumlah tinggi. Adapun sebanyak 165 gram mangga mengandung 99 dan 22,5 gram gula.

Buah dengan kalori tertinggi

Selain buah yang tinggi gula di atas, masih ada jenis buah lainnya yang juga tinggi kalori. Meskipun tetap dapat dinikmati sebagai bagian dari pola makan padat nutrisi, konsumsi buah berikut ini perlu dibatasi jika ingin mengurangi asupan kalori atau menurunkan berat badan.

1. Buah plum

Plum adalah jenis buah kering yang dikenal karena kandungan serat dan efek pencaharnya. Namun, seperti jenis buah kering lainnya, buah plum relatif tinggi kalori, karbohidrat, dan gula. Adapun sebanyak 174 gram buah plum mengandung 418 kalori dan 66 gram gula.

(Sumber:Kompas.com/Lulu Lukyani | Editor : Lulu Lukyani)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/04/30/081500081/4-buah-yang-tinggi-gula-dan-kalori-jangan-dimakan-terlalu-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke